Menjelang akhir tahun 2020, para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, menggelar dzikir dan shalawat serta doa bersama.

Doa bersama yang digelar di Masjid Baabussalam Kantor Pemkab Banyuwangi ini dibuka Bupati Abdullah Azwar Anas dan dihadiri Habib Abdurrahman Al Jufri, Habib Abdul Qadir Al Jailani Al Haddar, Sekretaris Daerah Banyuwangi, dan sejumlah kepala OPD serta pegawai pemkab.

"Semoga dengan shalawat, dzikir dan doa bersama ini, Allah memudahkan kita sebagai ASN dalam menjalankan tugas dan tentunya yang tak kalah penting, kita bisa melalui segala ujian seperti COVID-19 ini," kata Bupati Azwar Anas.

Bupati Azwar Anas juga berharap melalui shalawat dan dzikir tersebut, Allah SWT berkenan menurunkan rahmat-Nya dan memberikan segala kemudahan dalam menjalankan proses pemerintahan kepada Pemkab Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Azwar Anas menyampaikan harapannya dan minta didoakan agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan tugas dan diberikan keselamatan hingga akhir jabatannya sebagai Bupati Banyuwangi.

"Jabatan saya dua bulan lagi usai, saya mohon agar terus didoakan untuk kebaikan Banyuwangi ke depan, keguyuban pegawai dijaga, serta mohon didoakan agar saya mampu menyelesaikan amanah saya dengan baik hingga di akhir jabatan nanti," tuturnya.

Tausiyah dari Habib Abdurrahman Al Jufri menjadi penutup dari kegiatan ini. Habib Abdurrahman Al Jufri mengingatkan untuk selalu melatih lisan bershalawat, berdzikir dan berdoa.

"Supaya apa? Supaya lisan kita diberikan kemuliaan oleh Allah. Semua orang punya mulut, tetapi yang menggunakannya untuk berdoa, berzikir, bershalawat tidak semua. Bahkan, di masa sekarang ini, semua kegaduhan disebabkan lisan yang tak bertanggung jawab. Mari kita semua menjaga lisan kita dengan baik," kata Habib.

Habib Al Jufri pun berpesan agar senantiasa menjaga perkataan dengan baik, karena itu adalah salah satu ciri orang yang beriman.

"Sesungguhnya keselamatan manusia terletak pada caranya menjaga mulutnya. Jika lisannya baik, semuanya akan baik. Nabi Muhammad SAW bersabda, sesiapa orang yang beriman kepada Allah, beriman kepada hari akhir dan sesiapa yang punya iman sempurna, kalau berkata pasti baik, pasti menyenangkan, kalau berucap pasti menyejukkan," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020