Bank Rakyat Indonesia(BRI) mengoptimalkan Teras Kapal BRI untuk melayani transaksi perbankan masyarakat tinggal di kepulauan, dan untuk BRI Wilayah Manado dioperorasikan di wilayah Provinsi Maluku Utara.

"Teras Kapal BRI Kanwil Manado berada di Provinsi Maluku Utara dan melayani masyarakat di sembilan pulau dengan animo cukup tinggi, " kata Pemimpin BRI Kanwil Manado Rudy Andimono, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan animo tersebut tercermin dari peningkatan transaksi perbankan yang telah mencapai Rp11 miliar lebih sejak diluncurkan.

Rudy menjelaskan teras BRI dengan Kapal Bahtera Seva III  merupakan upaya memberikan inklusi keuangan kepada masyarakat kepulauan terutama yang tidak memiliki bank. 

"Hal ini yang kita dorong agar semua masyarakat bisa menabung dan meminjam uang," katanya.

BRI menjangkau masyarakat pulau yang tidak ada bank.

Selain untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi, katanya, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III juga menyediakan layanan kesehatan, layanan perpustakaan keliling, dan Rumah Kreatif BUMN. 

Seluruh layanan itu dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat di sekitar kepulauan.

Bahtera Seva III beroperasi di Kepulauan Halmahera Selatan dengan wilayah mencakup Pulau Bacan, Pulau Batan Lomang, Pulau Mandioli, Pulau Madapolo, Pulau Babang, Pulau Saketa, Pulau Kayoa, Pulau Kasiruta, dan Pulau Doko. 

"Teras kapal BRI sudah memiliki jadwal operasi sehingga masyarakat di sembilan pulau tersebut sudah mengetahui kapan layanan bank  itu ada," katanya. (*)

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020