PT Pelabuhan Indonesia III menggandeng BNI, BRI dan Bank Mandiri bekerja sama dalam Penyediaan Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan Terminal Multipurpose Labuan Bajo.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo III U Saefudin Noer, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut Bank BRI Sunarso dan Wakil Dirut Bank BNI Susi Adi Sulistyowati di Jakarta, Senin.

Wakil Menteri BUMN, Kartiko Wirjoatmodjo dalam siaran persnya di Surabaya, Senin mengatakan Terminal Multipurpose akan menjadi salah satu poin penting dalam mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) bersama dengan Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Borobudur. Pengembangan Kawasan Labuan Bajo juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit. 

"Penggunaan integrated e-gate system pada Terminal Multipurposes Labuan Bajo akan membantu meminimalisir uang tunai dengan menggunakan cash transaction management. Dengan begitu diharapkan tidak ada pungli dan memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo,” kata Kartiko. 

Lebih jauh menurutnya, Terminal Multipurpose Labuan Bajo akan memberikan dampak ekonomi  dan sosial  serta membuka lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar. 

"Terminal Multipurpose ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara BUMN bersama dengan Kemenhub, Pemprov NTT, Pemkab Manggarai Barat, dan beberbagai pihak lainnya,” kata Wirjoatmodjo. 

Dalam kerja sama itu disebutkan, para pihak sepakat ruang lingkup kerja sama meliputi melakukan pengembangan integrated e-gate system pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo, pemberian fasilitas perbankan dan layanan produk dan jasa perbankan lainnya yang disediakan oleh Pihak perbankan yaitu BRI, Mandiri, BNI dan anak perusahaan sesuai kebutuhan PT Pelindo III atau anak perusahaan.

Kemudian pemasangan iklan dan pemasaran produk Pihak Perbankan di titik-titik strategis Pelabuhan dan/atau terminal Pelindo III khususnya pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo sesuai dengan ketentuan yang berlaku  di lingkungan Pelindo III. 

Direktur Utama PT Pelindo III, U Saefudin Noer mengatakan, dengan adanya Memorandom of Collaboration dapat mengoptimalkan fasilitas pelayanan dengan diimplementasikannya e-port pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo. MoC ini juga sebagai bagian dari akselerasi menuju upaya membangun Greenport Labuan Baju. 

Hal ini selaras dengan lima prioritas utama Kementerian BUMN, dimana salah satunya yaitu technology leadhership atau kepemimpinan teknologi juga inovasi bisnis. 

"Pelindo III menilai positif kolaborasi bersama dengan Bank Himbara ini untuk akselerasi pembangunan Terminal Greenport Labuan Bajo yang berbasis kolaborasi, technology leadership dan kelestarian lingkungan serta adapatasi terhadap perkembangan teknologi namun didasari kearifan lokal," ujar Saefudin. (*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020