Dalam ajang kompetisi tahunan Indonesia Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON), PT Sarihusada Generasi Mahardhika menyabet penghargaan tertinggi, Gold Winner dalam Kategori Manufaktur.

"Kami sangat bangga dapat menjadi salah satu pemenang dan kompetisi ini membuat kami bisa melihat perkembangan di dunia luar karena banyak dihadiri oleh pelaku industri dan para ahli," ujar Arif Sosiawan, Manufacturing Manager Sarihusada, dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Jumat.

Dalam programnya, Pabrik Sarihusada di Yogyakarta berhasil mengurangi emisi karbon dan pemakaian energi sebesar 17 persen sejak tahun 2016.

Hal ini, kata dia, dapat tercapai dengan menaikkan efisiensi pembakaran mesin utilitas sehingga lebih hemat, dan memanfaatkan energi terbuang dari mesin air heater.

"Selain itu, Sarihusada juga memodifikasi sistem agar pemakaian air di boiler menjadi lebih hemat, bahkan sejak 2016 menghemat pemakaian air sebesar 21 persen," ucap-nya.

Ini bukan merupakan kali pertama Sarihusada meraih penghargaan Gold Achievement pada OPEXCON, sebab pada tahun 2017, 2018, dan 2019, juga berhasil meraih peringkat sama dalam ajang tersebut.

Ia berharap pencapaian ini dapat memotivasi tim internal maupun pelaku industri lain dalam meningkatkan keunggulan operasi agar dapat bersaing dan terus melakukan perbaikan di pasar yang bergerak cepat.

OPEXCON 2020 merupakan konferensi dan penghargaan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia sejak 2012, didukung oleh konsultan operational excellence SSCX Indonesia dan Rockwell Automation Indonesia. 

SHIFT Indonesia adalah media yang memberikan referensi dan panduan operational excellence di Indonesia.

Sementara itu, Corporate Communication Danone Indonesia Arif Mujahidin menjelaskan bahwa inovasi dan proses perbaikan yang berkelanjutan dalam pelaksanaan operasional bisnis adalah komitmen Sarihusada, sejalan dengan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia.

Sebagai pelaku industri, lanjut dia, keikutsertaan dan penghargaan dari OPEXCON ini dapat menjadi semangat untuk meningkatkan performa manufaktur di lokasi pabrik.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020