Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mulai mendistribusikan alat kelengkapan penunjang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada masa pandemi COVID-19 seperti cairan pembersih tangan, tisu, sarung tangan plastik, dan sabun.

Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo Fauzan Adim mengatakan alat kelengkapan itu dikirimkan ke masing-masing kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

"Sudah ada 18 kecamatan yang didistribusikan alat kelengkapan tersebut," katanya di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengatakan untuk kelengkapan lainnya seperti surat suara dan kotak suara saat ini masih dalam proses dan sesegera mungkin didistribusikan jika sudah siap.

"Termasuk juga untuk tinta pilkada saat ini juga belum didistribusikan kepada masing-masing kecamatan," ucapnya.

Ia mengatakan saat ini sebanyak 3.531 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pelaksanaan Pilkada Sidoarjo 2020 sudah dilantik.

"Mereka kemudian mengikuti tes cepat sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona pada saat pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020," katanya.

Pilkada di Kabupaten Sidoarjo diikuti oleh tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Ahmad Muhdlor Ali-Subandi, dan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020