Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengumpulkan para ketua dan sekretaris organisasi kemasyarakat untuk mengajak mereka ikut proaktif mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 melalui penegakan disiplin protokol kesehatan.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan Imam Rifadi di Pamekasan, Kamis, organisasi kemasyarakat memiliki peran penting dalam mewujudkan tertib dan disiplin penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat, karena ormas memiliki banyak jaringan dan anggota.

"Melalui pertemuan ini, kami mengajak semua pengurus ormas ini untuk saling membantu, saling mengingatkan anggotanya masing-masing, agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Dalam pertemuan antara Pemkab Pamekasan dengan perwakilan pengurus ormas yang digelar di salah satu hotel di Pamekasan itu, pemkab juga menyampaikan pentingnya peran ormas dalam ikut menciptakan suasana kondusif di Kabupaten Pamekasan.

Dalam acara itu, juga disampaikan materi sosialisasi tentang pentingnya sinergi dalam menjaga keamanan antara Polres Pamekasan bersama LSM dan ormas, serta regulasi dan tata cara pendaftaran ormas berbadan hukum.

Menurut Imam Rifadi, materi itu penting disampaikan agar para pengurus ormas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan bisa menaati ketentuan yang berlaku.

Di samping itu, sambung dia, dengan menaati aturan yang berlaku, maka secara administratif keberadaan ormas di Pamekasan juga akan tertib administrasi.

Materi tentang sinergi dalam menjaga keamanan antara Polres Pamekasan bersama LSM dan ormas disampaikan oleh Kanit Sosial Budaya Bagian Intel dan Keamanan Polres Pamekasan Ipda Damanhuri, sedangkan materi tentang tata cara pendaftaran ormas berbadan hukum disampaikan oleh Kasi Intel Kejari Pamekasan Hendra Purwanto Arifin.

"Tujuan kegiatan ini salah satunya menyamakan persepsi tentang keberadaan ormas, yakni sebagai elemen bangsa dalam mewujudkan kebhinnekaan," kata dia.

Peserta kegiatan 98 orang, berasal dari unsur 49 ormas yang terdata di Bakesbangpol Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam membuka langsung kegiatan itu.

"Kami juga berharap sinergi antara ormas, aparat penegak hukum bisa terjalin dengan baik, sehingga program yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020