Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, melibatkan puluhan sukarelawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten setempat.

"Kami resmi mengukuhkan sebanyak 50 orang sebagai relawan demokrasi yang akan bertugas untuk membantu KPU dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada," kata Komisioner KPU Jember Andi Wasis di Jember, Kamis.

Menurutnya sebanyak 50 orang relawan demokrasi itu akan bekerja untuk meningkatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya dalam partisipasi Pilkada Jember 2020.

"Relawan demokrasi akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota yang akan terbagi dalam sepuluh segmen yang menjadi fokus untuk diberikan sosialisasi," tutur-nya.

Kesepuluh segmen tersebut yakni segmen keluarga, segmen pemilih pemula, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih muda, segmen penyandang disabilitas, segmen pemilih berkebutuhan khusus, segmen marginal, segmen komunitas, segmen keagamaan dan terakhir segmen warganet (netizen).

Andi menjelaskan bentuk peran serta masyarakat itu diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal dalam Pilkada 9 Desember 2020.

"Relawan demokrasi diharapkan mampu bekerja dengan profesional, berintegritas dan penuh tanggung jawab demi suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember 2020," ucap Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jember.

Menurutnya KPU RI menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 mencapai 77,5 persen, sehingga KPU di daerah akan berusaha maksimal untuk memenuhi target tersebut dengan berbagai cara dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemik COVID-19.

"Kami juga gencar melakukan sosialisasi secara menyeluruh di tiap kecamatan, mengoptimalkan badan adhoc, dan melibatkan banyak komunitas untuk kegiatan sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya.

Pilkada Jember diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto (nomor urut 1), Hendy Siswanto – M. Balya Firjaun Barlaman (nomor urut 2) dan Abdus Salam – Ifan Ariadna Wijaya (nomor urut 3).

Jumlah DPT Pilkada Jember sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan yang tersebar di 248 desa/kelurahan dengan jumlah 4.752 TPS.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020