Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin dan Mujiaman menyoroti masalah anak jalanan, gelandangan dan warga lansia masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah kota.

"Kami sering datang ke kampung-kampung, seperti kampung di Joyoboyo depan terminal, kami melihat anak jalanan, gelandangan dan orang tua masih tidur di luar. Tentunya itu tidak diperhatikan pemkot. Ini fakta di lapangan yang kami temukan," kata Cawali Surabaya Nomor Urut 2 Machfud Arifin saat debat publik kedua di Surabaya, Rabu malam.

Hal sama juga dikatakan Cawawali Mujiaman, yang menemukan fakta di lapangan kalau pergi di daerah sekitar Pegirian masih banyak orang tua yang belum mendapat sentuhan pemkot.

"Data di pemkot perlu di-update. Data yang kita buat nantinya dimulai dari kampung-kampung. Ini yang harus dipastikan agar setiap orang tua bisa dilayani pemkot," katanya.

Sementara itu, Cawawali Surabaya Nomor Urut 1 Armuji mengatakan pihaknya memiliki program dokter keliling yang akan memberikan konsultasi kesehatan kepada para lansia.

"Tidak hanya itu, kami juga punya program para lansia diberi gelang chip agar terdeteksi dan tidak hilang," katanya.

Cawali Surabaya Nomor Urut 1 Eri Cahyadi menjanjikan akan lebih meningkatkan dan menambah pelayanan di posyandu lansia. 

"Semakin lama lansia semakin bertambah, maka pemkot akan selalu hadir memberikan terbaik buat lansia," katanya.

Menurut dia, Surabaya sudah punya Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) yang selama ini menampung gelandangan, lansia, anak jalanan yang kebanyakan adalah warga luar Kota Surabaya.

"Gelandang bukan warga Surabaya di jalan-jalan saja diangkut dan dirawat. Kita pastikan semua terlayani di Surabaya," katanya.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji yang diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu, mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020