Pemerintah Kota Malang menargetkan pembangunan Pasar Mergan yang berada di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, rampung pada akhir tahun 2020.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan proses pembangunan pasar tersebut diharapkan rampung pada akhir Desember 2020, sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati.

"Untuk target penyelesaian, sesuai dengan perencanaan yakni pada akhir Desember 2020," kata Wahyu, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Wahyu menjelaskan pada pembangunan Pasar Mergan tersebut dana yang digelontorkan mencapai Rp3,2 miliar dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang untuk tahun anggaran 2020.

Sebagai catatan, pembangunan Pasar Mergan pada 2020 merupakan pembangunan tahap kedua, setelah tahap pertama dilakukan pada 2019. Pembangunan Pasar Mergan untuk tahap pertama tersebut rampung pada Desember 2019.

Pada tahap pertama, pembangunan pasar tersebut mendapatkan alokasi dana senilai Rp1,6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disalurkan melalui melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Untuk pembangunan Pasar Mergan pada 2020, dana berasal dari APBD senilai Rp3,2 miliar," kata Wahyu.

Pada 2020, seharusnya ada empat pasar rakyat yang direncanakan untuk dibangun. Namun, akibat pandemi virus corona yang melanda, pada akhirnya hanya ada dua pasar rakyat yang dibangun pada 2020.

Selain Pasar Mergan, Pasar Kasin yang ada di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, juga dilakukan pembangunan. Saat ini, pembangunan Pasar Kasin tersebut masih dalam tahap penyelesaian.

Di Kota Malang, ada beberapa pasar rakyat yang telah rampung direvitalisasi. Revitalisasi pasar rakyat, pada awalnya merupakan program pemerintah pusat yang berencana untuk membenahi 5.000 pasar rakyat yang ada di seluruh Indonesia.

Beberapa pasar rakyat di Kota Malang yang telah dilakukan revitalisasi diantaranya adalah Pasar Oro-Oro Dowo, Pasar Bunulrejo, dan Pasar Klojen. Pasar-pasar tersebut, kini sudah lebih nyaman dan bersih, dan tidak becek seperti sebelumnya.

Diharapkan, dengan kondisi yang lebih baik tersebut, bisa meningkatkan omzet para pedagang yang ada di pasar-pasar rakyat itu.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020