Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyemangati para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, agar tetap optimistis di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mengunjungi UMKM untuk melihat dan mendengar masukan dari mereka, dan kami juga berniat mengkoneksikan UMKM lokal dengan jaringan diaspora yang ada di luar negeri. Ini kami lakukan di semua wilayah Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Sabtu.

Untuk pemulihan ekonomi warga, lanjut dia, pemerintah pusat maupun pemprov sudah memberikan berbagai stimulus, baik BLT, BPNT, Bantuan Subsidi Upah hingga Banpres-PUM kepada usaha mikro.

"Tidak hanya itu, stimulus perbankan seperti kemudahan pengajuan kredit dan relaksasi kredit juga bertujuan untuk membantu dan mengurangi dampak COVID-19 yang menjadi beban masyarakat di situasi sulit ini. Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat di Jawa Timur," tuturnya.

Dengan kondisi semacam ini, Gubernur Khofifah mengatakan optimistis kondisi ekonomi di Banyuwangi bisa cepat pulih, yang nantinya bisa berdampak pada masyarakat.

"Banyuwangi ini sudah menjadi tiga besar destinasi prioritas di Indonesia. Maka harus bersama-sama kita dukung pengembangannya.Untuk itu, sektor riil harus bergerak seiring dengan disiplin penerapan protokol kesehatan," ujar mantan Menteri Sosial itu.

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa bersepeda di Banyuwangi dilakukan untuk membangun motivasi penguatan pergerakan ekonomi di daerah di tengah pandemi. Khofifah mengunjungi pelaku UMKM, gerai UMKM hingga memberikan bantuan produktif kepada warga.

Bersama Bupati Abdullah Azwar Anas dan segenap pimpinan OPD serta instansi vertikal di Jawa Timur, Sabtu pagi, Gubernur Khofifah gowes sejauh 9,6 KM mengelilingi jalanan protokol Banyuwangi, sembari mengunjungi sejumlah titik, mulai dari pasar tradisional hingga gerai UMKM.

"Saya lihat sendiri masyarakat di sini sudah tertib bermasker. Pelaku hotel, restoran juga sangat mematuhi protokol kesehatan. Mulai pengecekan suhu tubuh, bermasker, hingga menyediakan sarana cuci tangan. Tolong ini terus dijaga. Warga yang sehat, ekonomi juga bakal sehat," katanya.

Salah satunya, Gubernur Khofifah mengunjungi gerai batik Seblang, dan ia berbincang dengan pelaku batik dan pembatik setempat. Khofifah juga mengunjungi pusat oleh-oleh Osing Deles, yang menjual produk dari ratusan UMKM olahan pertanian dan perikanan.

"Penjualan kami mulai naik, dan melonjak selama libur panjang akhir pekan kemarin. Alhamdulillah kemarin yang tertinggi selama pandemi, bisa di atas Rp100 juta per hari. Cukup melegakan karena ramainya toko kami berarti ada perputaran di UMKM olahan pangan dan perikanan, karena 80 persen produk kami adalah produk olahan pertanian dan perikanan," kata Zunita Ahmada, pemilik Osing Deles Banyuwangi.

Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Gubernur Khofifah didamping Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono, Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Johansyah dan Kepala OJK Jatim Bambang Mukti Riyadi serta sejumlah pimpinan bank. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020