Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai menerima sejumlah logistik alat pelindung diri untuk petugas penyelenggara pemilihan kepala daerah yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Pada minggu pertama bulan November  2020, KPU Kabupaten Situbondo telah menerima 12 macam alat pelindung diri atau APD untuk digunakan di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Ke-12 macam APD yang diterima KPU itu meliputi masker, baju hazmat, cairan pembersih tangan (hand sinitizer), tong air dan timba cuci tangan serta beberapa APD lainnya," ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di Situbondo, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo kali ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, sehingga APD ini diberikan kepada penyelenggara sebagai wujud penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Coronavirus.

"Untuk logistik pemilihan kepala daerah lainnya diperkirakan akan datang minggu depan atau minggu ketiga. Minggu depan khusus logistik tempat pemungutan suara (TPS). Jadi, minggu ini khusus  logistik alat pelindung diri," katanya.

Menurut Marwoto, logistik APD datang lebih awal karena saat pelaksanaan sortir dan packing logistik TPS diharuskan mengenakan APD, sebagaimana syarat protokol kesehatan.

Katanya, untuk pendistribusiannya telah menyiapkan konsep, yakni pada pekan pertama APD logistik telah datang, pekan kedua akan dilakukan penyortiran.

Kemudian, pada pekan ketiga dilakukan pengepakan dan selanjutnya pekan keempat akan dilakukan pendistribusian ke masing-masing TPS yang tersebar di 132 desa dan empat kelurahan.

"Sedangkan surat suara itu kan hanya ada dua pasangan calon, berarti nanti penyedia itu sudah terlipat separuh. Jadi, cepat dan hanya butuh waktu tiga hari selesai. Kami perkirakan penyortiran surat suara itu pada tanggal 25 hingga 27 November 2020," paparnya.

Sebelumnya, Kapolres Situbondo AKBP Ach Imam Rifai meninjau langsung gudang penyimpanan logistik KPU di Gedung Serbaguna Baluran, Kecamatan Kota Situbondo.

"Kami bersama komisioner KPU sudah mengecek kesiapan gudang penyimpanan logistik untuk mempersiapkan dan merencanakan personel pengamanan yang akan berjaga saat logistik sudah tiba," katanya.

Pilkada 2020 di Situbondo diikuti dua pasangan calon, yakni Cabup-Cawabup nomor urut 01 Karna Suswandi-Khoirani (Karunia) dan nomor urut 02 Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi).

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020