Santri Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, 22 Oktober,  meluncurkan  platform aplikasi harian yang diberi nama "Muslim NUKU.id", di Surabaya.

"Muslim NUKU.id adalah aplikasi karya santri untuk warga muslim pada khususnya dan warga Indonesia pada umumnya," kata Co Founder Muslim NUKU.id, Imam di sela peluncuran, Jumat.

Imam menjelaskan pada aplikasi Muslim NUKU.id terdapat berbagai macam fitur Islami misalnya Al Quran, panduan dzikir dan doa harian, jadwal shalat, kalender hijriyah dan fitur berjualan.

"Kami merancang aplikasi ini agar setiap orang dapat melakukan segala aktifitas rutin harian melalui ponsel dengan lebih santai," ujarnya.

Selain iu, terdapat aplikasi jual beli melalui fitur halal market place. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk berpromosi dan membuka lapak usaha.

"Para pelaku usaha, baik itu perorangan atau komunitas pesantren dapat difasilitasi melalui aplikasi multi manfaat ini," katanya.

Imam menjelaskan melalui sederet fitur unggulan, target Muslim NUKU.id hingga tahun ini adalah sejuta pengguna dan akan selalu dikembangkan ke depannya.

Untuk mencapai sejuta pengguna Muslim NUKU.id telah menggandeng digiprener.com. Kolaborasi ini cukup efektif, mengingat digiprener.com mempunyai spesialiasi pada komunitas UMKM dan digital marketing.

"Muslim NUKU.id ini merupakan platform Islamic daily yang dikombinasikan dengan halal marketplace. Hal ini menjadi alasan bagi digiprener.com dalam berkolaborasi. Kami optimis, aplikasi ini mencapai target yang diinginkan sehingga mampu memberi manfaat pada masyarakat muslim pada khususnya," ujar CEO digiprener.com, Hamid.

Acara peluncuran Muslim NUKU.id dikemas dalam bentuk talk show kewirausahaan. Selain komunitas UMKM dari Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, hadir juga komunitas pengusaha santri.

Pada acara yang diselenggarakan di NU Hub Digital Valley undangan memberikan dukungan dalam bentuk tanda tangan.

Dukungan tersebut agar para santri senantiasa termotivasi untuk melahirkan berbagai ide, kreatifitas dan inovasinya dalam rangka menjawab tantangan zaman. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020