Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember mendistribusikan alat peraga kampanye dan bahan kampanye Pilkada 2020 kepada tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati melalui timnya masing-masing yang dilaksanakan di gudang KPU Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

"Hari ini alat peraga kampanye dan bahan kampanye sudah kami serahkan kepada masing-masing tim pasangan calon, sehingga mereka bisa memasangnya di titik-titik yang sudah ditentukan," kata anggota  KPU Jember Andi Wasis di gudang KPU Jember, Minggu.

Berdasarkan data KPU Jember, masing-masing cabup-cawabup mendapatkan alat peraga kampanye sebanyak 15 baliho, 1.488 umbul-umbul, dan 2.139 spanduk.

Sedangkan jumlah bahan kampanye yang didistribusikan kepada tiga pasangan cabup-cawabup, yakni poster, pamflet, selebaran, dan leaflet masing-masing mendapat 216.045 lembar.

"Kami minta tim masing-masing pasangan calon untuk berkoordinasi dengan penyelenggara pilkada di tingkat desa dan kecamatan dalam pemasangan alat peraga kampanye, agar tidak salah penempatannya sesuai dengan Peraturan KPU," tuturnya.

Secara umum, lanjut dia, baliho ditempatkan di pintu masuk perbatasan Kabupaten Jember, kemudian umbul-umbul ditempatkan di 20 titik per kecamatan, dan spanduk ditempatkan di dua titik per desa.

"Alat peraga kampanye tidak boleh dipasang di segitiga emas kawasan kota, tempat ibadah, fasilitas negara, dan lembaga pendidikan, sehingga kami meminta Bawaslu juga melakukan pengawasan terhadap pemasangan alat peraga kampanye itu," katanya.

Andi mengimbau semua tim pasangan cabup-cawabup peserta Pilkada Jember mematuhi aturan dalam pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 11 Tahun 2020 yang secara khusus mengatur tentang kampanye Pilkada 2020.

Pilkada Jember diikuti oleh tiga pasangan cabup-cawabup yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (nomor urut 1), Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (nomor urut 2), dan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (nomor urut 3).

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 laki-laki dan 923.059 perempuan dengan 4.752 tempat pemungutan suara (TPS).

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020