Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam menerima penghargaan sebagai kabupaten dengan pelayanan baik dan menginspirasi di masa pandemi dan penghargaan itu pada ajang anugerah "Indonesia Award 2020" yang diselenggarakan INews-TV di MNC Conference Hall, Kebon Sirih, Jakarta Rabu (7/10/2020) malam.

"Sungguh ini penghargaan merupakan persembahan dari seluruh dewan juri dan iNews tidak kepada saya, tetapi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pamekasan," kata Bupati Baddrut dalam acara itu.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang menerima apresiasi itu mengucapkan terima kasih kepada dewan juri, iNews dan MNC atas penghargaan tersebut.

Pemimpin muda itu mengatakan, rencana dan program yang luar biasa akan terus dikembangkan untuk mewujudkan cita ideal Pamekasan yang hebat dan luar biasa. 

Istilah "hebat" menurut Bupati Baddrut Tamam ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan cita ideal kabupaten yang dipimpinnya, agar lebih sejahtera, makmur dan berdaya saing dengan kabupaten maju di Indonesia.

"Pamekasan rajha, bajhra, tor parjugha, adalah Pamekasan yang kita cita-cita bersama, melalui program yang telah kita rancang," katanya.

Lebih lanjut ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Kabupaten Pamekasan karena berkat dukungan semua pihak, Kabupaten Pamekasan mendapatkan apresiasi.

"Terima kasih untuk kita semua," kata Baddrut Tamam.
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan sambutan saat menerima penghargaan "Indonesia Award 2020" di iNews TV, Rabu (7/10/2020). (Humas Pamekasan)


Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dewan juri hingga Pemkab Pamekasan menerima penghargaan terkait pelayanan saat pandemi. Antara lain, pertama, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja'e dinilai memiliki loyalitas tinggi pada kepentingan publik dan rakyat Pamekasan karena menghibahkan gajinya untuk para relawan COVID-19, dan hibah gaji pribadi bupati dan wakil bupati itu, hingga pandemi berakhir.

Kedua, bupati juga dikenal memiliki komitmen dan kepedulian yang kuat pada dunia pendidikan dan lembaga pondok pesantren. Terbukti di masa kepemimpinannya ia memberikan beasiswa khusus kepada santri dan penghafal Alquran.

Ketiga yang juga menjani nilai plus bagi dewan juri pada ajang "Indonesia Award 2020" itu Bupati Baddrut Tamam dinilai sebagai pemimpin inovatif dan inspiratif yang mampu membuat program prestisius di masa kepemimpinannya dalam bidang layanan publik, yakni membuat Mall Layanan Publik dalam kurun waktu kurang dari 100 hari sejak yang bersangkutan menjabat sebagai Bupati Pamekasan.

Keempat, Pemkab Pamekasan saat dipimpin Bupati Buddrut Tamam dan Wakilnya Raja'e mampu mengubah yang tidak biasa, tapi bernilai positif dalam mendorong kemajuan ekonomi masyarakat Pamekasan, yakni dengan membranding semua kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Pamekasan dengan lukisan batik tulis Pamekasan, dan program tersebut saat ini juga telah menginspirasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang juga membranding mobil dinas dengan motif batik.

Di bidang layanan kesehatan, Baddrut Tamam dinilai cakap dalam berupaya memperluas akses layanan kesehatan ke desa-desa dengan melalui mobil SIGAP, yakni mobil digunakan untuk antar jemput warga yang sakit dan membutuhkan layanan kesehatan.

Selama pandemi COVID-19 ini, Bupati Baddrut Tamam juga tetap menggencarkan program pelatihan bagi calon wirausaha baru (WUB), sebagai upaya untuk menghidupkan perekonomian masyarakat. program WUB ini, merupakan program pendukung desa tetamik yang telah dicanangkan sejak Baddrut Tamam baru menjabat sebagai bupati Pamekasan.

Nilai plus lainnya yang juga menjadi pendukung bagi Bupati Baddrut Tamam dalam meraih penghargaan ini, karena komitmennya menghapus praktik suap bagi ASN yang hendak menduduki jabatan kepala dinas, bahkan Bupati Baddrut Tamam, mengundang secara langsung KPK RI untuk mendampingi pembahasan APBD sebagai upaya bentuk transparansi penggunaan dan pengelolaan anggaran daerah. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020