Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggandeng wartawan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau COVID-19 di 38 kabupaten/kota wilayah Provinsi Jawa Timur. 

"Kami telah bekerja sama dengan banyak komunitas dalam rangka sosialisasi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Kali ini kami bersinergi dengan teman-teman media," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Jatim Yanuar Rachmadi di sela sosialisasi bersama wartawan di Surabaya, Selasa.  
 
Video oleh Hanif Nashrullah

Di antaranya BPBD Jatim menggandeng komunitas jurnalis yang tergabung dalam Kelompok Kerja Wartawan Pemerintah Provinsi Jatim dan Pokja Wartawan Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim.

Kegiatan sosialisasi salah satunya dilakukan melalui pembuatan dan pemasangan spanduk dan baliho di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

"Sosialisasi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 melalui spanduk dipasang di 760 titik. Sedangkan sosialisasi melalui baliho ukuran 3 x 4 meter dipasang di 190 titik yang tersebar di 38 kabupaten/ kota se-Jatim," ucap Yanuar. 

Ia menandaskan selama vaksin COVID-19 belum ditemukan, upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru bersama berbagai komunitas seperti ini akan terus dilakukan.  

Ketua Pokja Wartawan Pemprov Jatim Fiqih Arfani memastikan akan selalu menjadi bagian dari mitra strategis Pemprov Jatim untuk melakukan pencegahan COVID-19. 

"Sosialisasi pencegahan di masa pandemic bisa kami wujudkan dalam bentuk gagasan, pemberitaan, maupun  aksi nyata agar penularan COVID-19 bisa diredam. Kali ini kami bersama BPBD Jatim mencoba membuat cara lain melalui sosialisasi dengan desain yang familiar dan mudah dibaca semua kalangan," ujar wartawan dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA itu.

Ketua Pokja Wartawan DPRD Jatim Riko Abdiono mengapresiasi BPBD Jatim yang berinisiatif melakukan sinergitas dengan kalangan pegiat media alias wartawan. 

"Ini langkah cerdas karena media merupakan garda terdepan dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat. Dengan begitu sosialisasi yang kami lakukan bersama BPBD Jatim, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, bisa maksimal sampai ke masyarakat," ucap wartawan koran harian Surabaya Pagi ini.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020