Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar lomba Cipta Quotes Literasi dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional ke-55 mulai 4 sampai 18 September 2020.

Ketua Penanggung Jawab Lomba, Achmad Basori di Surabaya, Selasa mengatakan dalam lomba tersebut seluruh mahasiswa aktif Ubaya ikut serta membuat quotes motivasi dengan tema literasi.

"Lomba quotes dipilih untuk membangkitkan semangat literasi di kalangan anak muda maupun masyarakat di era digital saat ini," katanya.

Menurutnya budaya literasi pada generasi milenial bisa dibangun dengan cara memanfaatkan teknologi yang tepat.

“Kami rasa quotes ini sangat dekat dengan kebiasaan anak muda dan masyarakat saat ini yang cenderung mencari inspirasi atau kata-kata yang memotivasi mereka di media sosial," ujarnya.

Tidak hanya sekedar menulis atau tulisan yang dibaca, tetapi melalui lomba ini perpustakaan mengajak mahasiswa untuk membaca dan memahami makna dari quotes tersebut.

Kriteria penilaian lomba Cipta Quotes Literasi yaitu hasil karya asli buatan dari peserta dan belum pernah dipublikasikan. Pembuatan quotes menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Hasil karya quotes dikirim dalam bentuk tulisan kalimat atau disertai gambar ke email Perpustakaan Ubaya.

"Nantinya hasil karya milik peserta akan diunggah ke akun Instagram @ubayalibrary secara bergiliran. Ada seleksi karya oleh juri untuk dipilih tiga quotes terbaik sebagai pemenang. Ada satu poin lagi kriteria penilaian yang penting yaitu pesan atau makna positif yang ingin disampaikan dalam quotes," ujarnya.

Perpustakaan Ubaya selalu mendukung gerakan dan budaya literasi melalui kegiatan atau lomba yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, minat membaca maupun menulis khususnya bagi mahasiswa.

Kegiatan ini membantu pemerintah sekaligus sebagai pengingat akan komitmen penuntasan buta aksara.

"Semoga di Hari Aksara Internasional ini mahasiswa maupun masyarakat bisa lebih aware terhadap budaya literasi. Perkembangan budaya literasi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju dapat membantu memberantas buta aksara khususnya di Indonesia," kata Basori.

Sementara itu, mahasiswa Teknik Industri Jonathan Stanley menjadi mahasiswa yang quotes buatannya diunggah instagram @ubayalibrary.

Dengan quotes "Saya Tidak Membutuhkan Skor Tambahan, Melainkan Pengalaman Tambahan", Jonathan mengungkapkan quotes ini sebagai wujud prinsipnya dalam belajar.

"Saat SMA guru selalu iming-iming ikut lomba ini dapat point, kerjakan soal tambahan dapat point, bantu ini itu dapat point. Dalam pikiran aku, sorry saya bukan budak nilai. Tetapi bukan berarti saya nggak belajar, nilai saya juga bagus aja," ujarnya.

Untuk itu, dalam sekolah maupun kuliah ia lebih mementingkan pengalaman dibandingkan nilai tambahan.

"Ikut lomba quotes ini karena aku pengen jadi sukses dan punya quotes unik sendiri seperi Robert Kiyosaki," tuturnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020