Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang membuka Unit Layanan Paspor di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Batu, Jawa Timur, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur Krismono mengatakan bahwa pembukaan layanan paspor di pusat perbelanjaan tersebut bertujuan memudahkan akses masyarakat saat mengurus paspor.

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk semakin memudahkan dan mendekatkan diri kepada masyarakat," kata Krismono, di Kota Batu, Rabu.

Krismono menjelaskan inovasi dalam memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat tersebut, merupakan hasil kolaborasi antara Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dengan pihak manajemen Lippo Plaza Batu.

Ia menambahkan pihak Lippo Plaza Batu memberikan fasilitas berupa ruangan beserta isinya. Sementara dari pihak Imigrasi akan menempatkan pegawai di pusat perbelanjaan itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Masyarakat bisa memanfaatkan Unit Layanan Paspor yang ada di pusat perbelanjaan ini," kata Krismono.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Ramdhani mengatakan bahwa Unit Layanan Paspor di Kota Batu tersebut merupakan langkah untuk memperluas jangkauan pelayanan bagi masyarakat agar lebih efektif.

"Unit Layanan Paspor ini dibentuk sebagai upaya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dalam menjangkau wilayah kerja sehingga dapat lebih efektif dan dekat dengan masyarakat," tutur Ramdhani.

Selain itu, lanjut Ramdhani, unit tersebut juga sebagai bentuk inovasi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat. Unit Layanan Paspor di pusat perbelanjaan itu, telah memproses lebih dari 100 permohonan pembuatan paspor.

"Unit Layanan Paspor yang soft opening pada tanggal 29 Juli 2020 telah memproses kurang lebih 100 permohonan hingga saat ini. Ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Ramdhani.

Sebagai catatan, pada 2019 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang telah melayani penerbitan paspor sebanyak 33.818 buku, yang terbagi dari 946 paspor baru 24 halaman, 21.019 paspor baru 48 halaman, paspor penggantian 11.816 paspor, dan e-paspor sebanyak 37 buku.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020