Grup band "NASI" menyanyikan teks proklamasi dan mengusung agenda musikalisasi teks kebangsaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 kemerdekaan RI.

"Kami berusaha mengembangkan bentuk seni agar nilai-nilai berbangsa dan bernegara memasuki sanubari masyarakat Indonesia pada khususnya dan kemanusiaan dunia pada umumnya," ujar sang vokalis, Ivan Garda, melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Senin sore.

Band "NASI" terdiri dari Ivan Garda (Vokal), Sonny Muhammad (Eksekutif Produksi), Brian Mahesa (Produser Recording), Handhika Perdana (Kamera and Editing), dan Eka Abdullah (Digital Media).

Visi yang diusung yakni memperkokoh perasaan nilai-nilai berbangsa dan bernegara sekaligus mengembangkannya secara edukatif, informatif, dan rekreatif. 

Baca juga: Wagub Jatim Ajak Umat Budha Bernyanyi Lagu Kebangsaan

Baca juga: Lagu-Lagu Patriotik Gombloh Meriahkan Konser Kebangsaan Polda-I.Ki

Bagi "NASI", teks proklamasi adalah teks kabar gembira yang mempunyai makna agung dan tampil secara sederhana dari ilham illahiyah yang merasuk pada kecerdasan berbangsa serta bernegara para pendiri bangsa.

"Jadi, lagu kita bukan lagunya penyanyi bukan lagunya artis, bukan lagu-lagu yang diperuntukkan bagi orang yang bernyanyi dengan teknik tinggi. Lagu kita dibuat untuk merasakan perasaan berbangsa dan bernegara," katanya.

Menurut dia, lagu-lagu kebangsaan seharusnya memudahkan anak-anak dan semua masyarakat untuk menghapal, mengingat dan merasakan teks-teks berbangsa dan bernegara.

"Karena teks-teks itu sangat penting untuk terbentuknya Bangsa dan Negara Indonesia," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020