Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kembali mengumumkan lonjakan 37 kasus baru warga yang terpapar virus corona,  dan dari kasus itu 22 di antaranya merupakan karyawan pabrik pengepakan udang PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP).

Dengan demikian, hingga Minggu (2/8) jumlah keseluruhan pasien COVID-19 di Situbondo tercatat sebanyak 256 orang, 29 pasien dalam perawatan, 12 pasien meninggal dan 196 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

"Iya betul dari 37 kasus baru, 22 kasus adalah karyawan pabrik. Sebelumnya karyawan pabrik asal Situbondo yang terpapar COVID-19 satu orang, tapi sudah dinyatakan sembuh kemarin," Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro Dadang di Situbondo, Minggu malam.

Dari 37 kasus baru COVID-19 itu, masing-masing 22 karyawan pabrik pengempakan udang PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, enam orang karyawan puskesmas, dua orang karyawan rumah sakit, Rumah Tahanan Situbondo tiga orang dan empat pasien baru lainnya dari Kecamatan Banyuglugur, Mangaran, Situbondo dan Kecamatan Melandingan.

"Khusus poin empat (pabrik pengepakan udang) Satgas COVID-19 telah mengundang dan meminta pihak pabrik memperketat protokol kesehatan, melaporkan jika ada karyawan suspect, dan mengisolasi karyawan positif di tempat karantina kabupaten," kata Dadang.

Sebelumnya, sebanyak 15 orang karyawan pabrik pengepakan udang PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo, terpapar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dari belasan karyawan pabrik pengepakan udang itu, 14 karyawan di antaranya merupakan asal Kabupaten Bondowoso, dan satu karyawan positif lainnya asal Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Data yang dihimpun ANTARA, hingga hari ini, Minggu (2/8) jumlah karyawan PT PMMP Situbondo yang positif corona sebanyak 78 orang, 22 karyawan asal Situbondo dan 56 karyawan asal Bondowoso. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020