Universitas Airlangga Surabaya melantik sebanyak 110 orang mahasiswa pendidikan profesi angkatan ke-32 menjadi dokter hewan di Ruang Tandjung Adiwinata Fakultas Kedokteran Hewan Unair, Selasa.

Wakil Rektor III Unair Prof Moch Amin Alamsjah mengatakan dengan dilantiknya 110 orang dokter hewan baru tersebut, hingga saat ini Unair telah meluluskan lebih dari 4.000 orang dokter hewan yang telah terjun di masyarakat.

"Pegang teguh etika profesi yang berlaku dalam kode etik dokter hewan. Junjung tinggi rasa kemanusiaan dan jalani dengan terhormat sesuai sumpah saudara," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Prof Amin menyampaikan peran penting profesi dokter hewan bagi hajat hidup manusia, dengan menjaga pangan hewan yang dikonsumsi masyarakat.

"Selain itu, profesi dokter hewan berkontribusi juga dalam keamanan bahan pangan pasar hewan dan penanggulangan penyakit menular zoonotic maupun nonzoonotic," katanya.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur I Prof Dr Suwarno dalam sambutan pelantikan itu menegaskan bahwa dokter hewan memberikan sumbangsih dalam kegiatan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang meliputi penjaminan ketahanan pangan hewan.

"Salah satu peran dokter hewan menjadi surveilan manusia, hewan, dan lingkungan," ujar Prof Suwarno.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Unair Prof Pudji Srianto berharap para dokter hewan yang baru dilantik dapat mengamalkan ilmu, potensi, dan kompetensi yang dimiliki langsung pada masyarakat.

Selain itu, dokter hewan yang baru dilantik juga mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Tanggung jawab menegakkan pilar strategi satu sistem kesehatan (one health system) yang berkaitan dengan penyakit zoonotic dan mengimplementasikan program food security dan food savety," katanya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020