Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membenarkan jika Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkantor di Surabaya memantau penanganan COVID-19 di daerah tersebut.

"Saya terima informasi dari Sekdaprov Jatim bahwa ada pertemuan kemarin dengan Kadinkes Jatim. Masalah berkantor atau tidak, Menkes sudah hadir di sini," kata Emil Dardak ditemui di Universitas Surabaya (Ubaya), Senin.

Mengenai berapa lama Menkes Terawan akan berkantor di Surabaya, Wagub Emil Dardak mengaku belum mendapat laporan lengkap.

"Berkantor berapa minggu, saya belum mendapat laporan soal itu," ujar mantan Bupati Trenggalek itu.

Pada kesempatan sama, Emil Dardak mensyukuri angka kesembuhan pasien COVID-19 yang mencapai 40 persen.

Menurutnya, angka kesembuhan yang mencapai 40 persen merupakan berita menggembirakan di saat tingginya COVID-19 di Jatim.

"Kami bersyukur, ini adalah kabar baik. Kami prihatin tentang peningkatan kasus, infeksi tenaga kesehatan, kematian. Tapi, itu tidak akan menyurutkan kami untuk mengupayakan kesembuhan pasien. Kami berdoa supaya diberi kekuatan dan tenaga medis tidak surut semangatnya," ucapnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mulai hari Minggu (12/7) akan berkantor di Surabaya untuk memantau penanganan COVID-19 di Jatim yang angka kasusnya masih tinggi.

"Iya betul, Pak Menkes 'ngantor' di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesdirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr M. Budi Hidayat melalui keterangan pers yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan masih tingginya jumlah kasus COVID-19 di provinsi tersebut memerlukan perhatian serius dari Kemenkes.

Oleh karena itu, Menkes Terawan memutuskan untuk berkantor di Surabaya guna memastikan penanganan COVID-19 di provinsi tersebut dapat berjalan dengan baik.

"Karena kita tahu penyebaran COVID-19 di sini perlu perhatian khusus," katanya.

Menkes tiba di Surabaya pada Sabtu (11/7) malam, setelah menyerahkan santunan bagi tenaga kesehatan yang meninggal saat bertugas menangani pasien COVID-19 di Semarang.

Pada Minggu pagi, Menkes langsung menggelar rapat yang dihadiri Kepada Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana dan Sekretaris Dearah Jawa Timur Heru Tjahyono. Setelah rapat, Menkes meninjau Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya.

 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020