Yayasan peduli kanker Fatma Foundation menyalurkan bantuan berupa 1.000 baju hazmat sebagai alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Jawa Timur.

"Dokter, perawat maupun tenaga medis lainnya sangat membutuhkan APD dan memang penting sekali dipakai dalam merawat pasien COVID-19," ujar Founder Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf di Surabaya, Senin.

Selain baju hazmat, APD lain yang disalurkan seperti alat pelindung wajah serta cairan pembersih tangan.

Bantuan tersebut telah didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Jawa Timur, antara lain di Surabaya, Mojokerto, Gresik, dan Jombang.

Sebelumnya, yayasan yang dipimpin istri mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf tersebut juga telah membagikan paket sembako dan bahan makanan untuk masyarakat kurang mampu.

Sementara itu, pemberian APD ke tenaga medis mendapatkan respons positif dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena sangat bermanfaat bagi tim medis menangani pasien COVID-19.

"Saat ini APD cukup sulit didapatkan, mengingat semakin banyaknya jumlah masyarakat yang positif corona, khususnya di Surabaya," kata Ketua IDI Cabang Surabaya Dr. dr Brahmana Askandar SpOG (K).

Khusus ke IDI Cabang Surabaya, Fatma Foundation menyalurkan bantuan berupa 500 baju hazmat, alat pelindung wajah serta cairan pembersih tangan.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020