Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencatat jumlah pasien positif COVID-19 di wilayah itu bertambah satu kasus, dari sebelumnya 82 orang menjadi 83 orang yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Kabupaten Magetan ada tambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga update saat ini kasus positif COVID-19 di Magetan menjadi 83 orang," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Magetan Saif Muchlissun dalam penjelasannya di Magetan, Senin.

Menurut dia, satu pasien tambahan baru tersebut merupakan warga Jakarta yang tinggal di wilayah Kecamatan Karas, Magetan.

Sesuai data, pasien ke-83 tersebut berinisial SJ berusia 56 tahun, yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Minggu, 31 Mei 2020.

Ia menegaskan dengan tambahan satu pasien corona itu, maka kasus positif COVID-19 di Magetan per tanggal 31 Mei 2020 tercatat sebanyak 83 orang.

Dari 83 pasien COVID-19 tersebut, sebanyak tiga orang meninggal dunia, 47 orang telah dinyatakan sembuh, dan 33 orang lainnya masih menjalani perawatan dan karantina.

Sementara, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sampai Senin malam ini mencapai sebanyak 75 orang. PDP yang dinyatakan sembuh 38 orang dan 15 PDP tercatat meninggal dunia, tersisa 22 kasus.

Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 321 orang. Sementara, ODP yang dinyatakan sembuh 246 orang dan ODP meninggal dunia ada sembilan orang, tersisa 66 kasus ODP.

Tim gugus tugas meminta warga Kabupaten Magetan terus meningkatkan kewaspadaan, juga menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, seperti berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu memakai masker bila terpaksa ke luar rumah, serta sering cuci tangan dengan sabun. Warga juga diminta tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020