Yayasan Rumah Kita berkomitmen terus membantu dan memberi semangat ke tenaga medis untuk tetap berjuang menangani pasien terinfeksi COVID-19.

“Salah satu bentuknya yaitu menyumbangkan tiga unit ventilator untuk rumah sakit rujukan,” ujar Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus, di Surabaya, Jumat.

Bantuan ventilator tersebut telah diserahkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya pada Kamis (21/5).

Menurut ia, ventilator sangat penting dan dibutuhkan tim medis karena dapat digunakan oleh pasien COVID-19 dengan masalah pernafasan.

Selain itu, tenaga medis menjadi garda terdepan melawan pandemi virus corona dengan berbagai masalah yang dihadapi, seperti gugurnya para tenaga kesehatan.

“Karena itu, kami bersama mitra Sampoerna untuk Indonesia hadir memberikan motivasi dan semangat para tenaga medis," ucapnya.

Tak hanya ventilator, juga diserahkan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat, alat pelindung wajah, masker, dan lainnya. 

Adrianus menjelaskan, bantuan ini akan dilaksanakan berkelanjutan dan untuk sementara ini fokus pada tenaga medis sebagai garda terdepan.

"Yang kami pikirkan menyiapkan bantuan berupa rapid test dan PCR. Tidak hanya motivasi tetapi kami didukung penuh dengan alat kesehatan yang mumpuni dan prima," tegasnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut dan merupakan bentuk kegotongroyongan para dermawan.

“Karena pasti yang sudah mengajukan permohonan sudah lebih banyak. Kami juga telah mendistribusikan 40 unit dan semuanya bantuan dari para donatur,” kata Khofifah.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020