Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial, kepada warga terdampak Corona Virus Diaease 19 atau COVID-19.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto kepada wartawan di Situbondo, mengatakan penyaluran hari pertama Bansos Tunai Kemensos, untuk 512 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kota Situbondo.
 
Video Oleh Novi Husdinariyanto

"Hari ini penyaluran BST Kemensos untuk KPM di Kelurahan Patokan, dan penyalurnya dilakukan oleh PT Pos Indonesia yang ditunjuk Kementerian Sosial," katanya, di sela penyaluran BST Kemensos di halaman belakang Pemkab Situbondo.

Bupati Dadang menyebutkan, total penerima Bansos Tunai Rp600.000 per bulan per kepala keluarga (KK) selama tiga bulan di Situbondo, kuotanya mencapai sekitar 39 ribu kepala keluarga yang tersebar di 132 desa dan empat kelurahan di 17 kecamatan.

Penerima Bansos Tunai Kemensos di masing-masing desa, katanya, berbeda-beda, tergantung data jumlah penerima bantuan dari Kementerian Sosial.

"Dari sekitar 39 ribu penerima BST itu, kami memperoleh konfirmasi kembali dari Kemensos ada tambahan kuota penerima sekitar 1.500 KK, dan usulan Pemkab Situbondo penambahan kuota sekitar 9.000 KK juga sudah dikabulkan, sehingga total kuota BST dari Kemensos sekitar 50.000 penerima," katanya.

Dadang menambahkan, dengan memperoleh sekitar 50.000 penerima Bansos Tunai Kemensos bagi warga terdampa corona, sangat membantu pemerintah daerah setempat, dan warga penerima semakin banyak yang terakomodir bantuan.

"Terima kasih Menteri Sosial yang telah menambah kuota penerima Bansos Tunai, karena akan semakin banyak warga kami yang memperoleh bantuan dari pemerintah pusat," tuturnya.

Daru pantauan, sebanyak 512 keluarga penerima manfaat (KPM) dari Kelurahan Patokan, secara bergiliran menunjukkan KTP-e dan KK sebagai bukti sah sebagai penerima bantuan kepada petugas.

Tidak hanya itu, meskipun ratusan BST Kemensos berkumpul, dalam pelaksanaannya petugas tetap berpedoman pada protokol kesehatan, mulai disediakan tempat tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020