Sebanyak 92 anggota Kepolisian Resor Magetan, Jawa Timur, menjalani rapid test atau tes cepat untuk mendeteksi kemungkinan paparan virus corona jenis baru COVID-19, dengan hasil satu anggota di antaranya dinyatakan reaktif.

Kepala Bidang Dokkes Polda Jatim Kombes Pol drg Triawan Marsudi mengatakan, tes cepat tersebut diprioritaskan bagi anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan di Desa Temboro atau Ponpes Al-Fatah Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

"Total ada 92 anggota Polres Magetan yang menjalani rapid test. Dari jumlah itu, ada satu anggota yang hasilnya reaktif, sedangkan lainnya negatif," ujar Kombes Pol drg Triawan Marsudi di sela kegiatan tes di Mapolres Magetan, Rabu.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Magetan bertambah menjadi 33 orang

Terhadap anggota yang hasilnya reaktif tersebut, langsung menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Bayangkara Nganjuk. Personel tersebut juga akan dilakukan tes swab untuk memastikan positif atau negatif dari virus corona.

Selain itu, tim medis dari Dokkes Polda Jatim juga melakukan rapid test terhadap anggota keluarga polisi yang reaktif tersebut, yaitu istri dan kedua anaknya.

"Alhamdulillah, untuk hasil rapid test istri dan kedua anaknya menunjukkan hasil non-reaktif," kata Kombes Pol Triawan.

Baca juga: 16 santri Ponpes Temboro positif COVID-19 jalani isolasi

Ia berpesan kepada anggota kepolisian untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku, utamanya bagi yang bertugas melakukan pengamanan di daerah yang merupakan zona merah COVID-19, seperti Magetan, dan khususnya Desa Temboro.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magetan mencatat, jumlah pasien positif COVID-19 di Magetan saat ini mencapai 33 orang.

Dari jumlah tersebut, delapan orang telah sembuh, satu orang meninggal dunia, dan sisanya sebanyak 24 pasien dirawat di berbagai lokasi, yakni RSUD dr Soedono Madiun, RSUD dr Sayidiman Magetan, dan Ponpes di Temboro.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020