Kepolisian Daerah Jawa Timur menggelar tactical floor game (TFG) untuk memetakan kesiapan pengamanan dan personel menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang mulai dilakukan besok (28/4).

Tactical floor game ini merupakan pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

"Baru saja kami di sini Pak Pangdam, Pak Sekda yang mewakili Ibu Gubernur dan para Kapolres yang melaksanakan PSBB. Kami melakukan tactical floor game, melihat bagaimana kesiapan tiga wilayah ini untuk melaksanakan PSBB," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan di Surabaya, Senin.

Luki menambahkan, tactical floor game digelar agar PSBB yang mulai dilaksanakan besok bisa berjalan lancar dan efektif dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Jatim.

"Ini tujuannya supaya pelaksanaan PSBB besok betul-betul sudah siap segala sesuatunya, peralatan, tempat di mana anggota, dan kekuatannya," ujar Luki.

Tak hanya kesiapan personel, dalam TFG ini juga membahas terkait kesiapan dapur umum. Luki menambahkan pihaknya juga membahas kesiapan personel dalam pendistribusian makanan untum masyarakat yang membutuhkan.

"Dapur umumnya ini sudah disiapkan semuanya. Termasuk personel, termasuk pendistribusian sembilan bahan pokok (sembako), untuk makanan di sini sudah kami siapkan semuanya," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Luki berharap PSBB di Surabaya Raya berjalan efektif. Dia ingin COVID-19 di Jatim bisa teratasi dan perekonomian masyarakat bisa kembali seperti sedia kembali.

"Ada tiga (tujuan) tadi dalam PSBB, kepatuhan masyarakat semakin tinggi, angka penyebaran corona bisa ditekan, stimulan ekonomi tetap berjalan," ucapnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020