Karang Taruna Kota Surabaya membentuk Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sebagai upaya membantu pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Ketua Karang Taruna Kota Surabaya Fuad Benardi di Surabaya, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya menilai dengan adanya wabah COVID-19 ini membuat warga mengalami banyak kesulitan seperti kesulitan beraktivitas sosial, ekonomi, dan budaya, bahkan beribadah.

"Keadaan sulit ini menjadi fokus perhatian di seluruh dunia, termasuk di Kota Surabaya," katanya.

Menurut Fuad Benardi, kesulitan-kesulitan ini merupakan tanggung jawab bersama untuk meringankan beban masyarakat.

Untuk itu, dia berharap bersama-sama dan bergotong royong untuk melakukan pencegahan agar virus ini tidak makin menyebar dan segera tuntas.

"Kesulitan ini kita rasakan bersama jadi ayo kita bersama-sama dengan gotong royong bahu-membahu menanggulanginya," katanya.

Sebagai ketua Karang Taruna, Fuad menggerakkan organisasi yang dipimpinnya untuk membentuk sukarelawan yang diwadahi dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karang Taruna Kota Surabaya.

"Pada hari ini kami meresmikan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu," kata putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini.

Ke depan, lanjut dia, satuan tugas ini mempunyai tanggung jawab untuk membantu pemerintah dan warga dalam menangani persoalan COVID-19 serta bagaimana juga membantu warga masyarakat yang kesulitan.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karang Taruna Kota Surabaya Arif mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja semaksimal mungkin dalam satuan tugas yang dipimpinnya ini.

"Kami prihatin atas keadaan ini. Oleh karena itu, kami tergerak untuk menjadi sukarelawan dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat berguna bagi warga Karang Taruna khususnya dan masyarakat Surabaya umumnya," ujar Arif.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya membuka donasi untuk disalurkan kepada masyarakat.

Adapun donasi yang sudah masuk kepada satuan tugas ini berupa dana lewat rekening bank atas nama Karang Taruna dan sembako serta APD kesehatan yang dikumpulkan di Sekretariat Karang Taruna Surabaya.

"Satuan tugas berencana menyalurkan bantuan tersebut berupa sembako, APD, alat kesehatan ke beberapa rumah sakit dan masyarakat di Kota Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020