Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur mengajak masyarakat mengikuti istighasah kubro untuk keselamatan dari pandemi virus corona atau COVID-19 yang rencananya digelar secara online atau dalam jaringan (daring) pada Rabu, 8 April 2020.

Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) KH Syafruddin Syarif mengemukakan, istighasah kubro digelar daring mengikuti protokol physical distancing atau jaga jaraj fisik yang dianjurkan pemerintah. 

"istighasah kubro digelar bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang akan ditayangkan secara langsung oleh TVRI pada hari Rabu, 8 April, pukul 19.30 WIB," katanya.

KH Syafrudin menjelaskan kegiatan istighasah berlangsung di tiga tempat, yaitu Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kantor PWNU Jatim di Surabaya dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. 

Beberapa kiai akan mengikuti istighasah di kantor PWNU Jatim dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Sedangkan di Gedung Negara Grahadi akan bergabung Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim.

"Mari kita bersama berdoa kepada Allah SWT agar pandemi COVID-19 segera diangkat dari bumi Indonesia. istighasah adalah perintah Allah kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di tengah berkecamuknya perang badar," tuturnya.

Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar menyerukan agar masyarakat menyaksikan kegiatan istighasah ini di depan televisi atau media sosial masing-masing sambil mengikuti dzikir yang dipandu para kiai.

"istighasah akan dilaksanakan selama satu jam. Mari bersama-sama memohon pertolongan Allah semoga Jawa Timur dan Indonesia terbebas dari pandemi COVID-19. Kami yakin akan dikabulkan Allah," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020