Salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang, Jawa Timur, dinyatakan sembuh.

Kabar sembuhnya satu PDP COVID-19 itu disampaikan Wakil Direktur Pelayanan Medis RSSA Malang dr Syaifullah melalui juru bicara Satgas COVID-19 Kota Malang Husnul Muarif dalam rilis dari Humas Pemkot Malang, Jumat (20/3) malam.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Kota Malang meninggal

“Kita patut bersyukur (alhamdulillah). Kabar ini memberikan rasa optimistis bahwa corona bisa disembuhkan,” kata Wali Kota Malang Sutiaji merespons informasi kesembuhan PDP COVID-19 dalam grup Humas Pemkot Malang.

Namun demikian, Sutiaji berpesan agar setiap orang untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan secara mandiri. Kata kuncinya adalah membangun imun atau daya tahan tubuh, serta sementara waktu membatasi beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Wali Kota Malang imbau warga tak respons berlebihan kasus corona

Dengan demikian, atas informasi terbaru tersebut (20 Maret 2020), data perkembangan COVID-19 di Kota Malang terpotret orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 72 orang dan PDP ada empat orang (dengan rincian satu meninggal, dua PDP masih menunggu hasil laboratorium dari Balitbangkes, dan satu PDP dinyatakan sembuh).

RSSA Malang memiliki 10 PDP COVID-19. Dari jumlah itu, ada dua pasien baru dan masih dilakukan tes uji swab yang dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sedangkan untuk delapan pasien lainnya, ada dua orang dinyatakan positif COVID-19, salah satunya adalah mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) dan enam lainnya negatif.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020