PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan wedang uwuh atau minuman herbal yang terbuat dari sari rempah-rempah bagi karyawannya setiap pagi, sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 yang semakin masif di berbagai wilayah.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III Toto Heliyanto di Surabaya, Selasa, mengatakan, pemberian wedang uwuh ini sebagai langkah preventif untuk memastikan seluruh pegawai dalam kondisi fit sebelum beraktivitas.

"Kami juga menyiapkan di antaranya vaksin flu gratis di setiap kantor di lingkungan kerja Pelindo III, sebab kami dari awal merebaknya COVID-19 sangat concern terhadap kejadian ini," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pelindo III menginstruksikan seluruh wilayah kerja dan para pegawainya melakukan pencegahan. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh, selain membersihkan area kerja.

Sebelumnya, Pelindo III juga melakukan berbagai upaya preventif dalam dalam rangka mencegah peyebaran virus tersebut, mulai dari menyiapkan hand sanitizer, penyemprotran disinfektan, hingga pemberian vaksin influenza dan bersih-bersih area perkantoran dan pelabuhan.

"Dengan pemberian vaksin influenza, gejala klinis yang mirip antara virus influenza dan COVID-19, dapat dipilahkan dan membantu para pegawai mengenali kondisi fisiknya," katanya.

Menurut dr Vien Anggarani Prasetyana dari Rumah Sakit PHC yang ditunjuk sebagai tenaga medis dalam kegiatan vaksinasi influenza di Pelindo III, jika memang belum ditemukan obat ataupun vaksin yang bisa mencegah atau mengobati COVID-19, upaya terbaik adalah menghindari potensi tertular dengan rajin mencuci tangan, menjauhi keramaian, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Vaksinasi memang bukan untuk mencegah atau bahkan mengobati COVID-19, karena memang belum ada obatnya secara medis. Namun, vaksin influenza ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diri kita dari virus flu yang gejalanya mirip seperti corona atau COVID-19. Selain itu, mengonsumsi minuman sehat seperti wedang uwuh juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari COVID-19," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini, semua aktivitas kerja di Pelindo III masih berjalan normal seperti biasa dan semua kegiatan yang dilakukan juga mengacu pada protokol pencegahan penyebaran COVID-19. Sebelum dan saat bekerja di kantor juga untuk para pekerja di lapangan terlebih pelayanan di terminal penumpang kapal laut yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020