Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menghadiri acara kegiatan pembinaan mental, yang dilakukan dalam rangkaian Peringatan Isra Miraj yang jatuh pada 22 Maret 2020 di gedung Bagawanta Bhari, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bupati hadir bersama Sekretaris Daerah Pemkab Kediri Dede Sujana, para kepala OPD, serta karyawan-karyawati di lingkup Pemkab Kediri.

Kegiatan pembinaan mental diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Bilqis Amiroh. Setelah itu, tausiah mengenai peringatan hari besar Isra Miraj disampaikan langsung oleh Ustaz Mohammad Hatta.

Ustaz Mohammad Hatta, Kamis mengatakan peringatan Isra Miraj ini merupakan peringatan perjuangan Nabi Muhammad SAW ketika mendapatkan amanah sebagai pemimpin atas umat dari Allah SWT, serta menjalani cobaan ketika menjalankan amanah tersebut. Sikap Nabi Muhammad SAW saat menjalankan amanah dan menghadapi cobaan inilah yang wajib dijadikan suri tauladan dalam kehidupan.

"Beberapa sikap Rasul yang harus kita contoh yaitu sikap profesional dalam melaksanakan amanah untuk memimpin umatnya. Ketika mengerjakan tugas, beliau selalu fokus mengedepankan pelayanan terhadap para umatnya di atas kepentingan pribadi. Tidak hanya itu, Allah pun memberikan cobaan berat mulai dari cacian, makian, fitnah dan sempat dianggap tidak adil saat menjalankan tugas. Namun Nabi Muhammad selalu menghadapi cobaan tersebut dengan sabar," katanya di hadapan para pegawai. 

Ustaz Mohammad Hatta juga mengajak seluruh peserta pembinaan mental selalu fokus terhadap tugas yang telah diberikan. Selain itu, juga melakukan pekerjaan yang diberikan dengan niat, usaha dan segenap potensi yang kita miliki. Selain itu, diharapkan tetap bersemangat, sebab setiap kemampuan, potensi yang diberikan Allah kepada manusia, di saat itulah ujian diberikan.

"Ibarat paribahasa, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerjang. Hal tersebut bukan menjadi halangan seakan kita harus meninggalkan pekerjaan, namun sifat sabar dan tetap fokus dengan pekerjaanlah yang harus dilaksanakan," kata dia. (*)

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020