Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, disebut sebagai tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia, karena selain memiliki sarana olahraga bersepeda yang komplet, juga sepanjang tahun 2020 ini, di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu akan menyuguhkan tujuh agenda bersepeda.

Dari total 123 agenda yang masuk dalam Majestic Banyuwangi Festival 2020, terdapat 14 event olahraga dengan tujuh agenda di antaranya bertema sepeda.

"Kenapa kami memilih sepeda, karena olahraga ini memiliki penggemar tersendiri yang kian tahun semakin tumbuh penggemarnya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu.

Tidak hanya menggelar event, katanya, namun juga menawarkan rute menarik untuk pesepeda. Oleh karena itu, Bupati Anas mengajak seluruh pesepeda di Indonesia dan luar negeri untuk bersepeda di Banyuwangi. Selain rute yang komplet, pesepeda juga dimanjakan dengan panorama yang luar biasa indah.

"Banyuwangi ini luar biasa terkait dengan medan bersepeda. Banyuwangi dekat dengan pantai dan dekat juga dengan gunung, sehingga rutenya sangat menarik. Ada tanjakan, ada rute menurun dan ada medan datar, semuanya komplet. Makanya, ayo bersepeda ke Banyuwangi," katanya mengajak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi Zen Kostolani mengemukakan bahwa agenda bersepeda di Banyuwangi dibuka dengan ajang Banyuwangi International BMX yang digelar pada 4-5 April 2020. Ajang ini melombakan kelas C1 dan Hors Class (HC), dengan pesertanya datang dari dalam dan luar negeri.

Sedangkan bagi pesepeda yang suka tanjakan, bisa datang ke Banyuwangi pada Juli nanti. Karena sebuah agenda bersepeda bertajuk Blue Fire Ijen Challenge 2020. Ajang ini mengajak pesepeda menyusuri keindahan Banyuwangi hingga kaki Gunung Ijen.

Berikutnya, pada Agustus akan digelar dua event bersepeda, pertama Mountain Bike Enduro, yang berlangsung pada 9 Agustus 2020 dan diperuntukkan mereka yang suka gowes menggunakan sepeda gunung.

"Banyuwangi juga memanjakan penggemar sepeda lipat, khususnya merek terkenal asal Inggris, Brompton. Menggandeng Brompton Owners Group Indonesia (BOGI), Banyuwangi akan menjadi tuan rumah BOGI Explore Banyuwangi pada pertengahan Agustus," paparnya.

Setelah itu, juga digelar Banyuwangi XC Race pada pertengahan September dan Women Cycling Challenge pada awal Oktober.

"Seluruh agenda bersepeda di Banyuwangi akan ditutup dengan perlombaan bergengsi International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) pada akhir Oktober," ujar Zen Kostolani. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020