Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang menyatakan bahwa pihaknya membutuhkan sebanyak 1.170 anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan bahwa lembaganya telah membuka pendaftaran untuk anggota PPS sejak 18 Februari 2020.

"Hingga Minggu (23/2) kemarin, baru sebanyak 834 orang pendaftar," kata Mahardika saat dikonfirmasi dari Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Mahardika menjelaskan, kebutuhan sebanyak 1.170 anggota PPS tersebut nantinya akan ditugaskan di 390 desa yang tersebar di Kabupaten Malang. Pada masing-masing desa, akan ditempatkan tiga orang anggota PPS.

Mahardika mengakui hingga saat ini jumlah pendaftar calon anggota PPS masih berada di bawah target awal. Sebagai catatan, jumlah pendaftar sesungguhnya diharapkan bisa mencapai dua kali lipat dari jumlah kebutuhan yang nantinya akan dilakukan proses seleksi.

Meskipun demikian, lanjut Mahardika, pihaknya tetap optimistis jumlah pendaftar calon anggota PPS untuk mendukung pelaksanaan Pilkada kabupaten Malang tersebut akan meningkat pesat pada hari terakhir pendaftaran.

"Hari ini terlihat mulai menumpuk, jumlah masih belum dilakukan rekap, dan kami masih menerima pendaftaran hingga malam ini," kata Mahardika.

Rencananya, usai pendaftaran yang akan ditutup pada 24 Februari 2020 tersebut, akan dilakukan tahapan seleksi anggota PPS KPU Kabupaten Malang pada 25-27 Februari 2020.

Hasil seleksi administrasi tersebut, akan dilanjutkan dengan seleksi tertulis yang dijadwalkan berlangsung pada 1 Maret 2020. Proses seleksi itu akan dilakukan bersamaan dengan proses seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sebelumnya, KPU Kabupaten Malang telah mengumumkan hasil seleksi pendaftaran anggota PPK untuk pilkada 2020. Tercatat ada kurang lebih sepuluh nama dari tiap-tiap kecamatan yang sudah lolos tes tertulis dan wawancara.

Secara keseluruhan, ada sebanyak 534 orang pendaftar untuk menjadi anggota PPK, namun, kebutuhan KPU Kabupaten Malang untuk personel tersebut hanya sebanyak 165 orang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020