Wartawan dari berbagai media massa di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Minggu, mencanangkan gerakan penghijauan dengan menanam pohon di pesisir Pantai Selatan Pamekasan bersama para pelajar di SMP Pademawu, dalam memperingati Hari Pers Nasional 2020.

"Pencanangan program penghijauan pada momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2020 kali ini sebagai bentuk komitmen kami di bidang lingkungan hidup," kata Wakil Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Dedy Priyanto.

Selain melibatkan kalangan pelajar, penanaman pohon di pesisir Pantai Selatan Pamekasan, Kecamatan Pademawu, ini juga melibatkan aktivis lingkungan dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana Daerah (FRPB) Pamekasan.

Dedy mengatakan, pencanangan gerakan penghijauan melalui aksi penanaman pohon ini penting dilakukan, mengingat Kabupaten Pamekasan termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

Abrasi pantai juga menjadi persoalan lingkungan yang mendasar, sehingga perlu menjadi perhatian semua pihak.

"Hal inilah yang mendasari kami, dari kalangan wartawan Pamekasan untuk melakukan aksi ini," katanya.

Kegiatan pencanangan gerakan penghijauan itu sengaja dirangkai dengan kegiatan perayaan Hari Pers Nasional 2020 dengan tujuan agar para insan pers ke depan juga bisa terlibat secara aktif dalam penyelamatan lingkungan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengapresiasi pencanangan gerakan penghijauan oleh wartawan Pamekasan bersama kalangan pelajar, lembaga pendidikan dan aktivis lingkungan di Pamekasan itu.

"Kami yakin dengan upaya serentak dan saling mendukung seperti ini, maka Pamekasan ke depan akan lebih baik lagi," ujar Baddrut.

Ia menjelaskan, pembangunan dan cita ideal Pamekasan dalam mewujudkan tatanan pemerintahan yang hebat, melayani dan memberdayakan masyarakat bisa terlaksana dengan baik, apabila didukung oleh semua kalangan.

"Selamat Hari Pers Nasional, semoga para insan pers kita nantinya benar-benar bisa menjadi patner dan penopang pembangunan di kabupaten ini," katanya.

Aksi tanam pohon oleh wartawan Pamekasan kali ini merupakan bagian dari beberapa jenis kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional 2020.

Jenis kegiatan lainnya yang juga digelar adalah bhakti sosial donor darah, diklat jurnalistik, penghargaan terhadap tokoh inspiratif, seminar pers dan penerbitan buku "Madura dalam Sorotan Media".

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020