Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) Jember, membuka Sentra Layanan Universitas Terbuka (Salut) di Banyuwangi, Jawa Timur, dan sekaligus akan menjadi Salut pertama di wilayah UT Jember.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyambut baik kerja sama dengan Universitas Terbuka Jember, menurut ia, hal kerja sama ini akan membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Banyuwangi.

"Selain memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai Universitas Terbuka Jember, keberadaan program Salut di Banyuwangi bisa membantu pemerataan pendidikan tinggi, serta peningkatan kualitas SDM di Banyuwangi," ujarnya di Banyuwangi, Senin.

Bupati Azwar Anas juga memastikan, akan mendukung penuh berbagai fasilitas yang diperlukan oleh Universitas Terbuka Jember. "Kami akan dukung agar segera terealisasi," kata Anas.

Sementara itu, Direktur UT Jember, Prof Dr Moh Imam Farisi mengatakan, Salut merupakan perpanjangan tangan layanan UT yang berada di kota/kabupaten kluster, dan UT Jember sendiri baru akan membuka yang pertama di Banyuwangi.

"Kenapa pilih Banyuwangi? Karena daerah ini paling potensial dia antara tujuh daerah lainnya di wilayah kami. Saat ini, mahasiswa UT Jember dari Banyuwangi mencapai 30 persen dari total mahasiswa yang ada, baik untuk jenjang S1 dan S2. Makanya kami sengaja bertemu Pak Bupati untuk mendiskusikan hal ini," ujarnya.

Ima (panggilan akrabnya) menjelaskan, keberadaan Salut nantinya untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat terkait dengan informasi UT. Juga melayani registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran, serta ujian secara daring.

"Ini nantinya memiliki fungsi yang sama dengan kantor layanan UT di  Jember, sehingga mempermudah masyarakat maupun mahasiswa Banyuwangi mengakses layanan UT. Tidak lagi pergi jauh-jauh ke Jember, mulai dari registrasi, mengakses bahan ajar dan bahkan rekrutmen juga bisa dilakukan di sini," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020