Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta Pemerintah Kota Surabaya memantau dan mengevaluasi pemasangan papan reklame guna mencegah kemungkinan papan reklame roboh pada saat cuaca ekstrem. 

"Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem," katanya di Surabaya, Rabu.

Menurut Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya itu, Pemerintah Kota juga perlu mengecek izin pemasangan papan reklame dan masa berlakunya serta menindak pemasangan papan reklame ilegal.

"Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berizin," katanya.

Ia menekankan pentingnya penertiban pemasangan papan reklame untuk mencegah papan reklame roboh dan menimbulkan petaka.

"Bukan tidak mungkin nantinya tidak hanya pohon tapi papan reklame yang roboh dan menimbulkan korban jiwa," katanya.

Penertiban papan reklame, ia melanjutkan, juga penting untuk mencegah hilangnya pendapatan daerah akibat pemasangan papan reklame tanpa izin.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti juga mengemukakan pentingnya Pemerintah Kota memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga selama cuaca ekstrem.

"Surabaya sendiri baru kemarin ada beberapa kejadian yang sekarang menjadi cukup menjadi perhatian. Itu yang tadi saya pertanyakan terkait masalah angin tadi itu," katanya.

Pemerintah Kota, ia mengatakan, mesti memastikan pepohonan yang tumbuh di tempat umum tidak roboh dan mencelakakan warga selama masa cuaca ekstrem, antara lain dengan memangkas ranting dan batang pohon yang berisiko roboh saat hujan deras dan angin kencang datang. (*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020