Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan memperpanjang proses permanenisasi dikarenakan pendaftaran registrasi akun siswa di laman mengalami kendala akibat sistem komputer pusat gangguan di dua hari terakhir.

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof Moh Nasih di kampus Universitas Airlangga Surabaya, Selasa, mengatakan, pihaknya sepakat untuk memberikan perpanjangan waktu pendaftaran akun dari yang sedianya ditutup pada Selasa (7/1) pukul 23.59 WIB menjadi Kamis (9/1/2020) pukul 17.00 WIB.

"Perpanjangan ini bukan untuk pendaftar yang terbaru, tapi untuk mereka yang sudah melakukan pendaftaran dengan akun aktif untuk melakukan permanenisasi data, baik untuk sekolah maupun siswa," kata Prof Nasih yang juga Rektor Unair itu.

Nasih berharap dengan adanya perpanjangan atau tahap finalisasi registrasi akun, baik sekolah maupun siswa bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. 

"Karena kalau tidak melakukan proses permanenisasi registrasi akun data akan berakibat pada kerugian sekolah, karena siswa tidak bisa mendaftar ke PTN," ujar dia. 

Terkait down-nya server sistem komputer, Nasih menuturkan ada penumpukan data di belasan server yang digunakan oleh LTMPT.

"Perpanjangan (registrasi akun) ini karena faktor antrean data yang diproses belasan server kami," katanya.

Nasih menyampaikan, berdasar data nasional per Selasa (7/1) pukul 15.25 WIB, dari total 22.294 sekolah yang telah mendaftar, sebanyak 21.296 akun sekolah aktif, dan 11.816 sekolah telah melakukan permanenisasi data.

Sedangkan untuk jumlah siswa, dari total 1.271.753 siswa yang terdaftar dalam registrasi akun LTMPT, ada 1.203.906 siswa mempunyai registrasi akun aktif. Sedangkan untuk permanenisasi akun LTMPT sekitar 901.275 siswa.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020