PDI Perjuangan mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memimpin dan membantu proses pemadaman kebakaran salah satu toko elektronik di Surabaya, Sabtu.

"Apa yang dilakukan Bu Risma menjadi bukti, bahwa selain visioner, pemimpin itu harus paham detail tata kota dan turun ke lapangan sehingga memahami permasalahan rakyat," ujar Sekretraris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Sabtu malam, kehadiran wali kota melalui sistem komando yang jelas mampu mengatasi berbagai masalah kota besar, termasuk kebakaran.

Menurut dia, saat kebakaran UFO Electronics di Jalan Kertajaya yang berpotensi merambat ke kampung sekitar, Risma bertindak cepat dam paham terhadap skala prioritas.

"Ia kerja detail dengan rantai komando yang jelas, spesifik dan hadir langsung di tengah lapangan sehingga memberi semangat bagi seluruh aparatnya untuk bekerja dengan disiplin dan berdedikasi. Ini adalah keteladanan seorang pemimpin," ucapnya.

Hasto juga menyampaikan apa yang dilakukan Risma bersama kepala daerah PDI Perjuangan lainnya tidak terlepas dari pemahaman terhadap jalan kerakyatan yang harus ditempuh setiap pemimpin.

Jalan kerakyatan yang menyatu dengan seluruh nilai dalam Pancasila, kata dia, wajib dijalankan oleh seluruh kader Partai. 

"Di sinilah sekolah para calon kepala daerah PDI Perjuangan sangat penting untuk hadirnya pemimpin merakyat seperi Tri Rismaharini. Beliau juga pengajar tetap di sekolah partai kami," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019