Bupati Magetan Suprawoto bersama rombongan Forkopimda setempat meninjau pelaksanaan perayaan Natal di sejumlah gereja wilayah setempat pada Hari Raya Natal yang diperingati setiap tanggal 25 Desember.

"Peninjauan di sejumlah gereja tersebut dilakukan guna memastikan bahwa umat Kristiani Magetan bisa melaksanakan ibadah Natal dengan aman, tenang, dan damai" ujar Bupati Suprawoto saat meninjau perayaan Natal di Gereja Katolik Santa Regina Pacis di Kelurahan Tawanganom, Magetan, Rabu.

Saat peninjauan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Magetan itu juga memberikan sambutan di hadapan ratusan umat Katolik yang sedang menjalankan misa Natal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suprawoto mengajak umat Kristiani untuk memupuk rasa toleransi beragama, bersama-sama membangun Kabupaten Magetan tanpa melihat perbedaan.

"Yang kita semua harapkan tentu umat Kristiani dan umat agama lainnya dapat hidup berdampingan untuk Magetan yang aman dan damai," kata dia.

Bupati Magetan menambahkan, tema Natal tahun 2019 yang diangkat adalah Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang. Hendaknya, melalui tema tersebut membawa pesan agar semua umat manusia memupuk rasa toleransi. Sehingga dapat menciptakan suasana yang aman dan damai.

Sementara, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai yang ikut dalam rombongan tersebut mengatakan guna pengaman, pihaknya menyiagakan sebanyak 10 personel untuk masing-masing gereja.

"Tidak ada gereja yang prioritas. Semua penting untuk diamankan agar umat Kristiani Magetan dapat merayakan Natal dengan aman dan nyaman," kata Riffai.

Selain Bupati Suprawoto dan rombongan Forkopimda, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti. Peninjauan berlangsung lancar dan mendapat tanggapan yang baik dari umat Kristiani setempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019