Petugas Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, Selasa malam mensterilisasi sejumlah tempat ibadah gereja yang melaksanakan Misa Natal guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani.

Ketua Tim Sterilisasi Iptu Pol Parkan mengatakan sterilisasi merupakan SOP dalam pengamanan Natal, dan tidak hanya kegiatan di gereja namun, semua kegiatan masyarakat dilakukan pemeriksaan dan pengecekan lokasi acara untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan.

"Melaksanakan pengecekan dan sterilisasi di gereja sebelum dilaksanakan ibadah Natal malam ini," katanya kepada wartawan usai sterilisasi Gereja BMV Stella Maris Jalan Mawar Situbondo.

Menurut dia, sebanyak 10 anggota gabungan fungsi Satuan Shabara, Satuan Intelkam dan Satuan Reskrim melakukan pemeriksaan secara menyeluruh disetiap sudut ruangan di dalam maupun diluar gereja termasuk lokasi parkir kendaraan.

Katanya, sterilisasi gereja ini dilakukan tidak lain guna memastikan tidak ada benda berbahaya yang dapat menganggu dan mengancam keamanan dan keselamatan masyarakat yang akan beribadah merayakan Natal.

"Setelah dilakukan sterilisasi dan dipastikan lokasi aman, kami mempersilahkan pihak gereja untuk memulai pelaksanaan Misa Natal," ujarnya.

Pengamanan dan sterilisasi gereja pada hari ini dimulai pukul 20:00 WIB sebelum umat kristiani melaksanakan Misa Natal dan sejumlah personel juga terus melaksanakan pengamanan di setiap gereja.

Dalam pantauan, sterilisasi gereja oleh petugas dilakukan menggunakan metal detektor dan mirror detektor, setiap sudut dan kursi jemaat diperiksa sebelum umat kristiani melaksanakan malam Misa Natal. 

Pengamanan malam Misa Natal juga dibantu oleh TNI, Pramuka dan bahkan sejumlah anggota Banser Kabupaten Situbondo turut menjaga keamanan di gereja. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019