Perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU) fokus menggerojok dana corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada penghujung tahun ini.

"Karena Sidoarjo merupakan kawasan industri dan masyarakat sangat membutuhkan cek kesehatan sebagai dampak dari kegiatan industri di sekitar tempat tinggalnya, sehingga kami merasa perlu membantu dengan memberikan CSR di bidang kesehatan di wilayah ini," ujar Penasihat Perusahaan PT DLU Bambang Harjo Soekartono kepada wartawan di Sidoarjo, Sabtu.

Sabtu pagi, PT DLU menggelar khitanan massal dan cek kesehatan bagi masyarakat di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, setelah sebelumnya pada 18 Desember lalu menggelar kegiatan yang sama di Rusunawa Ngelom, Kecamatan Taman, Sidoarjo.  

Bambang meyakini kegiatan CSR yang digelar PT DLU ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Terdapat 300 desa lebih di wilayah Kabupaten Sidoarjo namun hanya tersedia 27 puskesmas. Layaknya harus ada satu puskesmas untuk melayani masyarakat di lima desa. Jadi mestinya di Sidoarjo ini memiliki sekitar 70 puskesmas," tuturnya. 

Bambang Harjo juga berharap kegiatan CSR untuk kesehatan masyarakat yang digelar PT DLU di wilayah Sidoarjo juga diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di wilayah setempat.

Direktur Utama PT DLU Erwin H Pudjono memastikan hingga akhir bulan Desember nanti akan terus menggelar CSR di bidang kesehatan untuk desa-desa lainnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Kebetulan ini sudah akhir tahun dan tiap perusahaan menurut undang-undang dituntut wajib menyisihkan dana keuntungan perusahaan minimal 2 persen untuk CSR," katanya.

Erwin menyebut keuntungan PT DLU sepanjang tahun 2019 meningkat sekitar 5 persen dibanding tahun sebelumnya.  

"Penumpang kapal laut meningkat sepanjang tahun ini. Mungkin disebabkan oleh tarif pesawat terbang yang sudah tidak terjangkau oleh masyarakat menengah sehingga mereka beralih ke moda transportasi kapal laut," ucapnya. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019