Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi kiprah Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA yang selama ini telah ikut memunculkan semangat inovasi pelayanan publik di daerahnya.

”Ada berita dari ANTARA bulan Oktober 2019 tentang Puskesmas Sempu, salah satu puskesmas di Banyuwangi, bahwa di sana kunjungan pasien warga sehat justru lebih besar daripada warga sakit. Jumlahnya 54,7 persen. Link berita itu di-share ke mana-mana sehingga mendorong puskesmas lain juga untuk bergerak, sesuai program Mal Orang Sehat yang dikembangkan Banyuwangi. Artinya, LKBN ANTARA menyebarkan semangat kebaikan, semangat berinovasi,” ujar Bupati Azwar Anas dihubungi di Banyuwangi, Jumat.

Bahkan, Anas mengaku menangkap layar berita dari LKBN ANTARA dan menampilkannya dalam presentasi di berbagai forum saat diundang menjadi pembicara. ”Orang kaget ternyata jumlah pasien sehat lebih banyak daripada pasien sakit. Ini mendorong kita untuk memberi perhatian lebih kepada aspek promosi dan preventif kesehatan,” papar Anas.

”Mal Orang Sehat” adalah program Pemkab Banyuwangi yang mengubah paradigma pengelolaan kesehatan dari ”paradigma sakit” menjadi ”paradigma sehat”. ”Paradigma sakit” membuat warga baru ke fasilitas layanan kesehatan hanya ketika sakit, sehingga anggaran banyak tertuju ke pelayanan rujukan yang berorientasi ke pengobatan, bukan pencegahan.

Di Banyuwangi, paradigma itu diubah. Puskesmas disulap menjadi mal orang sehat. Jika dulu di bagian depan Puskesmas hanya ada IGD atau ruang kontrol, kini disiapkan ruangan ”Mal Orang Sehat”. Reward yang diberikan ke puskesmas bukan lagi yang mampu melayani banyak orang sakit, tapi yang didatangi banyak orang sehat. 

”Alhamdulillah, sekarang Mal Orang Sehat sangat diminati, baik untuk konsultasi gizi, tumbuh kembang anak, kesehatan remaja, kesehatan jiwa, sanitasi, dan sebagainya. Sejak Januari-November 2019, total ada lebih dari 200.000 kali kunjungan konsultasi kesehatan. Dampaknya ini kita rasakan ke depan di mana warga lebih peka kesehatan, sehingga secara umum kehidupan warga akan tambah berkualitas,” ujarnya.

Tidak hanya terkait layanan kesehatan, Anas mengapresiasi kiprah LKBN ANTARA yang konsisten menyebarluaskan beragam inovasi pelayanan publik dari seluruh Indonesia. 

”LKBN ANTARA ikut menyebarkan berbagai program inovasi daerah sehingga kami bisa terus terpacu berinovasi,” ujar Anas yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Ke depan, Azwar Anas berharap LKBN ANTARA memberi porsi lebih pada upaya menjaga keberagaman bangsa. 

”Yang juga tidak boleh dilupakan adalah bagaimana edukasi tentang nilai-nilai kebangsaan yang inklusif dan plural kepada generasi Z dan milenial,” tuturnya.

Bupati Azwar Anas mengucapkan selamat ulang tahun ke-82 kepada Perum LKBN ANTARA dan berdoa agar ANTARA bisa terus berkembang memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

”Selamat ultah ANTARA. Semoga bisa terus menjadi kantor berita yang mampu mengemban fungsi-fungsi publik dengan menyajikan berita yang edukatif dan menumbuhkan harapan,” ujar Azwar Anas. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019