Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur siap mencetak pengusaha baru di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur.

"Melalui Kadin kabupaten/kota se-Jatim, upaya mencetak pengusaha baru khususnya di bidang industri kreatif bisa terlaksana," kata calon Ketua Kadin Jatim periode 2019-2024, Jamhadi di Surabaya, Senin.

Menurut Jamhadi, ada 16 sub sektor dalam ekonomi kreatif di antaranya makanan dan minuman, fashion, kerajinan, penyiaram, arsitektur yang memiliki peluang besar untuk bisa dikembangkan.

Adapun kerja sama antara Kadin Jatim dan Hipmi Jatim meliputi upaya meningkatkan jumlah wirausahawan, tingkatkan lapangan usaha, kurangi pengangguran, perbaiki disparitas ekonomi dan
meningkatkan kesejahteraan.

"Kapan hari saya ketemu dengan Ketua Hipmi Jatim (Mufti Anam) dan Pak Difi dari Bank Indonesia (BI) Jatim membahas itu," kata Jamhadi yang akan mengikuti Musda Kadin Jatim pada 18 Desember 2018, di mana pelaksanaan musda tersebut melibatkan Kadin kabupaten/kota dan asosiasi terkait di se-Jawa Timur.

Selain itu, lanjut dia, Kadin Jatim bersama Kadin kabupaten/kota se-Jatim siap memfasilitasi pengurusan paten dan hak kekayaan intelektual (Haki).

"Itu merupakan salah satu program saya bila terpilih sebagai ketua Kadin Jatim," ujar Jamhadi yang juga Direktur Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Institute Jawa Timur di bawah kepemimpinan La Nyalla Mattaliti.

Mantan Ketua Kadin Surabaya dua periode ini berkomitmen akan lebih mengoptimalkan potensi Jatim utamanya bidang usaha Trade, Tourism, Investment (TTI).

Selain itu, mendorong lembaga pembiayaan supaya lebih mudah dalam menyalurkan modal usaha kepada pelaku UMKM dan startup di bawah binaan Kadin.

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019