Calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur periode 2019-2024, Jamhadi, menggagas kegiatan pameran tematik setiap bulan untuk mendorong tumbuhnya ekonomi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur

"Pameran tematik merupakan salah satu program saya maju dalam pemilihan Ketua Kadin Jatim. Jadi, pameran tematik digelar setiap bulan dengan tema berbeda," kata Jamhadi, yang juga Direktur Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Institute Jawa Timur di bawah kepemimpinan La Nyalla Mattalitti dihubungi di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, pameran UMKM tersebut disusun secara tematik atau berdasarkan kategori sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Selain UMKM, juga mencakup juga 16 sub sektor ekonomi kreatif.

"Kami mengusulkan kepada pemerintah daerah di Jatim agar menyiapkan agenda pameran bulanan yang memiliki konsep tematik guna memacu pergerakan ekonomi di daerah itu," ujar Jamhadi.

Musda Kadin Jatim dijadwalkan berlangsung 18 Desember 2018 dengan melibatkan Kadin kabupaten/kota dan asosiasi terkait di se-Jawa Timur. Salah satu agenda musda adalah pemilihan ketua baru periode 2019-2024.

Jamhadi mencontohkan, pameran tematik seperti Surabaya Great Expo (SGE) yang terbukti makin banyak peserta dalam setiap tahunnya.  

Namun, lanjut dia, akan lebih punya ciri khas jika pameran tersebut dibuat tematik, misalnya tema bulan ini menjelang penerimaan siswa/mahasiswa baru, maka pemerintah daerah bisa menggelar student fair (perlengkapan alat sekolah).

Selain itu, pada bulan Januari bisa digelar pameran gastronomy makanan minuman, Februari fesyen, Maret  ICT, April pameran pendidikan dan ketrampilan serta pameran lainnya bisa digelar pada bulan tertentu.

Cara seperti itu, menurut mantan Ketua Kadin Surabaya dua periode ini, akan sangat penting untuk meramaikan venue dan industri kreatif serta juga lokasi MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) berskala internasional seperti Grand City dan Jatim Expo di Surabaya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019