PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggelar "Malam Penganugerahan Pelanggan" di penghujung tahun 2019 sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna jasa yang selama ini menjadi mitra kerjanya.

Perwakilan dari 139 perusahaan pelayaran, pemilik kargo, serta anggota Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) diundang dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Shangri La Surabaya, Rabu malam, 4 Desember 2019.

"Mereka telah memberikan kontribusi besar kepada PT Pelindo III. Ajang penganugerahan pelanggan ini kami gelar sebagai upaya untuk mendorong perusahaan-perusahaan tersebut agar dapat semakin meningkatkan produksinya," ujar Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung melalui rilis yang diterima wartawan di Surabaya, Kamis.
 
Dalam acara tersebut, penghargaan diberikan kepada 49 perusahaan yang terdiri dari perusahaan pelayaran penumpang maupun jenis roll on/ roll off (RoRo) dan cruise, serta pemilik barang curah kering, curah cair, general cargo, peti kemas domestik dan peti kemas internasional.  

Penghargaan diberikan dalam sembilan kategori, yaitu pioneer in digital vessel services, pioneer in digital terminal services, reliable and trustworthy customer, ace of customer initiative in terminal services, ace of customer initiative in vessel service, bright star newcomer, ace of customer initiative in business improvement, excellent strategic partnership, dan key contributor customer.

Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III Putut Sri Muljanto memastikan akan terus berinovasi pada sejumlah program strategis untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan layanan guna mendukung bisnis para mitra kerjanya. 

"Di antaranya kami telah mulai memberlakukan tarif transshipment peti kemas domestik antarterminal untuk mengurangi biaya logistik sebesar 65 persen dari tarif normal," ujarnya.

Putut menandaskan, upaya peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam menekan biaya logistik perlu dilakukan bersama-sama dan bersinergi antara BUMN dan swasta. 

"Pelindo III sebagai penyedia jasa kepelabuhanan harus bersinergi dengan pengguna jasa seperti pelayaran dan pemilik barang agar daya saing sistem logistik nasional dapat tercapai," katanya.

Berdasarkan data trafik hingga Oktober 2019, arus kapal di wilayah kerja PT Pelindo III mencapai 63.990 unit, yang berarti mengalami kenaikan sebesar 16 persen dibanding pada periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebanyak 55.120 unit. Kenaikan arus kapal tersebut diikuti meningkatnya arus barang, peti kemas dan penumpang.

Untuk arus barang mencapai 2.731.543 M3 hingga Oktober 2019 atau naik sebesar 3 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Arus peti kemas hingga Oktober 2019 tercatat 4.450.803 TEUs atau naik sebesar 2 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

Sementara itu arus penumpang mencapai 2.983.159 orang atau naik sebesar 16 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan arus hewan mengalami penurunan, tercatat hingga Oktober 2019 mencapai 105.334 ekor atau menurun sebesar 6 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019