Mantan Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya AKBP Leonardus Harapantua Simarmata resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor Kota Malang Kota, Kamis.

Leonardus yang kerap disapa Leo tersebut, menggantikan AKBP Dony Alexander yang akan bertugas sebagai Kapolres Pasuruan Kota.

Leo menyatakan, akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan oleh Kapolres sebelumnya.

"Kami akan melanjutkan program yang sudah dilakukan oleh Pak Dony, di masa kepemimpinannya," kata Leo di Polresta Malang Kota, Jawa Timur.

Serah terima jabatan dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus dipimpin  Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan di halaman Polres Malang Kota.

Leo menjelaskan, Kota Malang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur, sehingga keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang ada di Kota Malang, termasuk Kabupaten Malang dan Kota Batu menjadi prioritas pihak kepolisian.

Selain, memiliki potensi besar di sektor pariwisata, Kota Malang juga memiliki banyak perguruan tinggi. Dengan total mahasiswa mencapai ratusan ribu orang, menjadikan di kota terbesar kedua di Jawa Timur itu, sebagai sasaran peredaran narkoba.

"Selain penegakan hukum, kami juga akan bersinergi untuk melakukan pencegahan (terkait narkoba)," kata Leo.

Untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba di kalangan mahasiwa, Polresta Malang Kota akan melakukan sinergi dan pembekalan terhadap universitas yang ada, termasuk orang tua mahasiswa, dan bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Malang.

Dalam upacara sertijab tersebut juga menjadi momen kenaikan tipe Polres Malang Kota menjadi Polresta Malang Kota. Dengan kenaikan tipe tersebut, tongkat komando di Polresta Malang Kota akan dipimpin polisi berpangkat Komisaris Besar.

Namun, AKBP Leonardus, baru akan menerima kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol pada Desember 2019.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019