Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi tenaga guru di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, pada 2019 ini terbanyak dibanding formasi lainnya, kata Suhartono, Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Pemkab setempat.

"Sebab, khusus untuk formasi guru dan tenaga kependidikan sebanyak 269 orang, dari total jatah rekrutmen CPNS untuk Pemkab Pamekasan sebanyak 450 orang," katanya di Pamekasan, Selasa.

Terbanyak kedua untuk formasi tenaga teknis, yakni 120 orang, kemudian tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat dan dokter sebanyak 61 orang.

Selain itu, pada rekrutmen CPNS kali ini, Pemkab Pamekasan juga mengalokasikan formasi khusus disabilitas sebanyak 2 persen dari total formasi, yakni 8 orang.

Menurut Sohartono, selain pemerintah juga menyediakan alokasi khusus bagi lulusan terbaik dengan pujian dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi A.

"Pendaftaran berkas rekrutmen CPNS kali ini, sudah sejak tanggal 11 November 2019 kemarin melalui situs https://sscasn.bkn.go.id, serentak bersama daerah-daerah lain serta Kementerian Lembaga," katanya, menjelaskan.

Sementara itu, pada penerimaan CPNS 2019 ini, Pemerintah membuka 152.286 formasi.

Perinciannya, untuk Instansi Pusat di 68 kementerian/lembaga sebanyak 37.425 formasi sedangkan untuk CPNS daerah sebanyak 114.861 formasi yang tersebar di 462 Pemerintah Daerah.

"Dan kami pastikan bahwa rekrutmen CPNS kali ini murni, bebas KKN, dan berdasarkan kemampuan masing-masing individu, karena tes dilakukan secara online," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pamekasan Totok Hartono.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019