Acara olahraga massal sepeda sehat atau "gowes" bareng berhadiah yang digelar Pemprov Jatim di Kabupaten Tulungagung berlangsung meriah.

Ratusan peserta dari berbagai usia tampak bersemangat mengayuh aneka jenis sepeda yang dikendarai dalam kegiatan yang secara khusus digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim tersebut.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo tak mau ketinggalan. Mendampingi Sekdaprov Heru Tjahjono yang hadir langsung ke daerah yang pernah dipimpinnya selama dua periode itu, para peserta diberangkatkan dari halaman pendopo Kabupaten Tulungagung.

Sekdaprov Jatim Heru Cahyono mengatakan, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim itu sengaja dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan kegiatan tahun ini tidak hanya terpusat di provinsi, melainkan juga dilaksanakan di daerah.

"Ini juga sesuai arahan dari Ibu Gubernur, agar peringatan hari jadi juga disebarluaskan ke seluruh kabupaten/kota di Jatim," katanya.
 
Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono (tengah) berfoto bersama sejumlah pendamping PKH usai kegiatan gowes bareng atau sepeda sehat berhadiah di halaman Pemkab Tulungagung, Sabtu (9/11/2019) (IST)


Heru melanjutkan, adapun bentuk kegiatannya juga dirancang sedemikian rupa agar acaranya bisa melibatkan masyarakat dan memberikan dampak positif.

Menurutnya, jenis-jenis kegiatan tidak harus mewah, namun yang terpenting tetap meriah.

"Ya dibuat acara olahraga, baksos, pelayanan kesehatan gratis, bedah rumah, dan sebagainya," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini semakin mempererat tali persaudaraan dan silaturahim antara Pemprov dan Pemkab dalam sebuah struktur organisasi.

Bentuk komunikasi dan koordinasi tidak selalu harus saat situasi bekerja, tetapi juga bisa dijalin melalui olahraga bersama.

"Ya salah satunya seperti kegiatan ini, kita bisa gowes bersama sambil ngobrol-ngobrol dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, bagi peserta gowes yang beruntung berkesempatan mendapatkan hadiah yang disediakan panitia.

Adapun hadiah utamanya yakni satu unit sepeda motor Honda Beat, satu sepeda gunung, dua kipas angina, satu kompor gas, dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019