DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih belum memutuskan soal koalisi partai dan masih fokus melakukan verifikasi bakal calon yang telah mendaftarkan diri ikut Pilkada 2020.

"Kami akan melihat potensi calon. Untuk saat ini masih masih lakukan verifikasi dan wawancara terkait kesiapannya untuk maju di pilkada," kata Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan, setelah dilakukan tahapan itu untuk hasilnya nanti akan dilaporkan ke DPW Partai NasDem Jawa Timur dan dilanjutkan ke DPP Partai NasDem guna mendapatkan rekomendasi.

Di Partai NasDem Kabupaten Kediri, ada enam orang yang telah mendaftarkan diri yakni petahana Wakil Bupati Kediri Masykuri Ichsan, Subani, Ridwan, Insaf Budi Wibowo, Tjutjuk Sunario yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, dan Arif Wijaya.

Ia menambahkan, komunikasi politik memang dilakukan dengan sejumlah partai di Kabupaten Kediri, namun hingga kini masih belum diputuskan figur yang dinilai tepat. Termasuk, anak dari Sekretaris Kabinet pada Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024 Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramana yang dikabarkan akan ikut Pilkada Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Bapilu DPC PDIP Kabupaten Kediri Tri Efendi mengatakan hingga kini partainya memang belum memutuskan sosok yang dipilih menjadi bakal calon untuk Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Terdapat 12 orang yang telah diundang untuk melakukan fit and proper test di Surabaya.

Ia mengatakan, hingga kini juga belum diputuskan untuk koalisi. PDIP Kabupaten Kediri juga sudah komunikasi dengan sejumlah partai untuk kemungkinan koalisi.

"Yang jelas nasional religius. Kami menunggu rekomendasi dari DPP PDIP. Dan DPC dan DPD PDIP wajib menangkan. Biasanya satu paket untuk rekomendasi," kata dia.

Ia juga mengatakan, hingga kini DPP belum memutuskan sosok yang direkomendasikan di Pilkada Kabupaten Kediri, termasuk putra Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramana yang juga dikabarkan juga ikut pilkada. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019